Grid.ID - Sudah lebih dari setahun sejak Facebook memasang tombol reaksi di setiap postingan yang diunggah pengguna.
Kali ini Facebook mengungkap bagaimana reaksi efek tombol tersebut terhadap peringkat di News Feed.
Facebook membagi efek ini menjadi dua, yakni berdasarkan Like dan reaksi emosi.
Seperti diketahui, tombol Like memang sudah lama ada dan digunakan untuk menandai konten yang menarik perhatian warga Facebook.
Sedangkan reaksi emosi tergolong baru dan terbagi menjadi tombol Love, Haha, Angry, Sad, dan Wow.
BACA JUGA : Penting! Begini Cara Menjaga Privasimu di Facebook
Sebagaimana dilansir Grid.ID dari KompasTekno, Rabu (1/3/2017), tombol Like sekarang diposisikan lebih rendah dan tidak berdampak terlalu banyak terhadap peringkat konten yang ada di News Feed.
Sedangkan tombol reaksi, seperti Love, bakal memberikan efek sedikit lebih besar terdapat peringkat tersebut.
Alasannya adalah reaksi seperti ini mengindikasikan sinyal ketertarikan yang lebih kuat ketimbang Like.
Jika sebuah unggahan dianggap memiliki peringkat lebih tinggi, maka Facebook otomatis akan lebih sering memperlihatkannya di News Feed.
Perhitungan ini juga diterapkan pada berbagai tombol reaksi khusus yang dirilis pada waktu tertentu.