Grid.ID - Google merilis data-data baru terkait perilaku konsumen Indonesia selama Ramadan.
Selama bulan ini, masyarakat Indonesia tak hanya menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga, namun juga mengeluarkan lebih banyak untuk berbelanja.
Tahun lalu, menurut Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia, angka pengeluaran naik 30% selama bulan puasa.
(BACA JUGA: Tragis, Irul Tak Kesampaian Jalani Ramadan Tahun ini, Powerbank Mengundang Ajal Datang Menjemput)
Masyarakat Indonesia juga semakin banyak memanfaatkan ponsel selama Ramadan ini, baik itu untuk mencari resep berbuka, atau menemukan ide kado lebaran untuk keluarga.
Google melakukan riset tentang aktivitas pengguna YouTube dan Google selama Ramadan tahun lalu guna mencari tahu hal-hal yang dicari oleh konsumen di internet sepanjang bulan Ramadan
“Bahkan orang-orang yang biasanya tidak berbelanja online, akan membeli sesuatu dari internet selama bulan Ramadan.” jelas Henky Prihatna, Head of E-Commerce Google Indonesia.
Berdasarkan perilaku konsumen pada tahun 2016, Google meramalkan bahwa selama bulan Ramadan 2017, ini yang akan dicari oleh orang Indonesia:
(BACA JUGA: Wow 6 Artis Ini Terlihat Kenakan Hijab Saat Ramadan, Nomor 5 Bikin Pangling!)
1. Mendapatkan inspirasi.
?Google Penelusuran adalah salah satu tempat yang dituju oleh orang-orang Indonesia untuk mendapatkan informasi dan inspirasi yang berkaitan dengan Ramadan— dan tren ini terus berkembang, terlihat dari adanya peningkatan penelusuran sebesar 28% pada tahun 2016 dibandingkan 2015.
2. Berbelanja produk terbaru. ?
Masyaallah! Presiden Prabowo Beri Hadiah Rp 100 Juta untuk Mbah Guru yang Viral Ngajar Matematika Lewat Tiktok, Netizen Ikut Girang