Find Us On Social Media :

Inilah Sumber Cerita Opera Ikan Asin yang Sekaligus Merayakan Hari Jadi Teater Koma yang ke-40

By Kama, Jumat, 24 Februari 2017 | 00:32 WIB

Opera Ikan Asin oleh Teater Koma

Laporan Wartawan Grid.ID, Dianita Anggraeni

Grid.ID - Teater Koma didukung oleh bakti Budaya Djarum Foundation mempersembahkan lakon dengan judul Opera Ikan Asin.

Lakon ini sebelumnya pernah dibawakan pada tahun 1983, namun dipentaskan kembali dalam rangka merayakan hari jadi Teater Koma yang ke 40.

Pementasan ini disadur dari lakon The Beggar's Opera karya John Gay dengan musik J.C Pepusch yang dipentaskan tahun 1728 di London.

Ditambah dengan lakon Die Dreigroschenoper karya Bertolt Brecht dengan komposisi musik dari Kurt Weill yang dipentaskan pertama kali di teater Am Schiffbauerdam, Berlin 31 Agustus 1928.

Semua lakon inilah yang kemudian disadur oleh N. Riantiarno.

Opera Ikan Asin bercerita tentang si Raja  Bandit Batavia, Mekhit alias Mat Piso yang menikahi Poli Picum tanpa seizin ayahnya, Natasasmita Picum, juragan pengemis se-Batavia.

Latar peristiwa pentas ini mengambil tema London di sekitar abad ke 19, yang diubah menjadi Batavia abad ke 20 zaman Hindia Belanda.

"Semoga penonton dapat mengambil makna dan pesan moral tersirat yang berusaha kami sampaikan dalam lakon ini," ujar Ratna Riantiarno, Pimpinan Produksi Teater Koma saat ditemui Grid.ID di jumpa pers Kamis (23/2/2017) di Balai Latihan Kesenian, Jakarta Pusat.

Pementasan Opera Ikan Asin kali ini menampilkan beberapa selebriti seperti Budi Ros,  Carnelia Agatha, Alex Fatahillah, dan masih banyak lagi.

Produksi ke 147 ini akan dipentaskan di Ciputra Artpreneur, Lotte Shopping Avenue mulai dari tanggal 2-5 Maret 2017.

Demikian informasi yang dapat dihimpun oleh Grid.ID, untuk Info tiket selanjutnya klik di www.teaterkoma.org

Selamat menonton!