Find Us On Social Media :

Keren, Istana Maimoon Medan 3D Bisa Dijelajahi Lewat Smartphone

By Way, Selasa, 28 Februari 2017 | 21:20 WIB

Istana Maimun Virtual Tour

Warisan budaya ternyata bisa dilestarikan lewat aplikasi digital. Itulah yang dilakukan Indosat Ooredoo, dengan mengenalkan aplikasi Istana Maimoon.  Aplikasi berbasis Android ini bisa menjadi sarana untuk sosialisasi tempat bersejarah secara digital.  Secara resmi, aplikasi tersebut sudah diserahkan kepada pihak Istana Maimoon di Medan, Sumatera Utara (16/2).  Deva Rachman, Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo, mengatakan bahwa aplikasi Istana Maimoon ini diharapkan dapat membantu program konservasi dan sosialisasi kekayaan budaya bangsa, lewat kemudahan teknologi yang dapat diakses oleh siapapun.

Yang menarik, penyajian konten tentang Istana Maimoon ini berbentuk augmented reality dan virtual tour.  Lewat teknologi tiga dimensi ini, pengunjung seolah-olah berjalan masuk langkah demi langkah, melihat-lihat isi Istana Kesultanan Deli yang menjadi salah satu ikon Kota Medan itu.

Jadi, calon pengunjung Istana Maimoon akan lebih mudah mengetahui keindahan fisik dari warisan budaya tersebut. Selain aplikasi Istana Maimoon, Indosat Ooredoo juga menyerahkan donasi untuk pengembangan Istana Maimoon sebesar Rp 150 juta, termasuk pembangunan dan renovasi fasilitas penunjang di lingkungan istana.  Kegiatan ini bagian dari program CSR di bidang edukasi dan inovasi.