Belanja online sudah menjadi pilihan banyak orang karena kepraktisannya.
Kesibukan, jarak tempuh yang jauh dan macet, serta alasan kemudahan memilih barang hingga banyaknya opsi pembayaran membuat transaksi e-commerce terus meningkat dalam beberapa tahun belakangan.
Karena tidak ada toko secara fisik, penjual harus memberikan pelayanan dan informasi produk yang dibutuhkan konsumen dengan baik.
Ita Saca, pendiri RPKN (Ragam Pesona Kain Nusantara), Galeri RPKN, MOR (Musyawarah Onlineshop), dan Dapur Berisik yang sudah berbisnis sejak 2011 memberikan beberapa tips menjual produk secara online:
1. Tampilkan jati diri
Tampilkan jati diri pemilik kepada para konsumen sehingga konsumen percaya kalau akun di medsos asli.
2. Foto yang bagus
Fotolah barang-barang yang akan dijual sebagus mungkin karena konsumen hanya melihat dari foto, berilah keterangan pada tiap barang secara mendetail agar konsumen mendapatkan gambaran tentang barang yang akan dibeli.
3. Jujur
Jika ada barang yang kondisinya tidak bagus, jelaskan secara jujur bagian mana yang rusak.
4. Harga
Cantumkan harga di bawah foto barang yang akan dijual, dan apabila harga khusus dapat disampaikan lewat message. Sebaiknya nomor rekening juga melalui bank yang mudah dijangkau
5. Perhatikan saat pengiriman barang
Bungkus paket dengan sebaik mungkin. Kalau sudah dikirim atau ada kendala, langsung hubungi konsumen
6. Aturan tag dan promosi
Batasi meng-tag jualan pada wall orang lain yang mengganggu kenyamanan pemiliknya.
7. Jalin komunikasi
Sesekali jalin komunikasi dengan konsumen entah sekadar menyapa kabar.
8. Update barang
Tak lupa, selalu mengupdate postingan jualan.
Gimana, tertarik untuk memulai usaha online shop?