Find Us On Social Media :

INFOGRAFIS : Teknologi Informasi di Tanah Air Itu Sekarang Dunia Kamu Ladies, Kalau enggak Percaya Ini Buktinya

By Jayeng, Sabtu, 18 Maret 2017 | 23:10 WIB

INFOGRAFIS

Grid.ID - Persepsi mengenai industri Teknologi Informasi (TI) yang selama ini lebih identik dengan laki-laki ternyata sudah bergeser.

Karyawan TI dari kalangan perempuan justru mulai mendominasi lapangan kerja TI, khususnya di beberapa keahlian tertentu.

Baru-baru ini, Jobplanet, platform informasi karier online, merilis hasil survei tentang lapangan kerja TI di Indonesia.

Survei ini digelar sejak Januari 2016 hingga Februari 2017 dan melibatkan 7.500 orang responden karyawan TI.

Hasilnya cukup menarik karena dari 7.500 orang responden karyawan TI yang ikut serta dalam survei ini, sebanyak 64% di antaranya adalah perempuan dan sisanya, yakni 36%, adalah laki-laki.

Hal ini bisa jadi menunjukkan bahwa jumlah perempuan yang bekerja di bidang TI di Indonesia mulai lebih banyak daripada jumlah laki-laki.

“Jika menilik lebih dalam lagi informasi yang terkumpul di Jobplanet, responden karyawan wanita mendominasi beberapa bidang keahlian TI.

Diantaranya Graphic Design, Digital Content, Project Management, Data Analysis, dan IT Quality Assurance,” ungkap Kemas Antonius (Chief Product Officer, Jobplanet Indonesia) dikutip Grid.ID dari rilis persnya.

Sebagai gambaran, perbandingan jumlah karyawan wanita dan pria yang bekerja di bidang Graphic Design dalam survei Jobplanet adalah sebesar 65:35.

Digital Content sebesar 63:37, Project Management sebesar 62:38, Data Analyst sebesar 59:41, dan IT Quality Assurance sebesar 55:45.

“Hal ini menunjukkan bahwa banyak perusahaan sudah memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada karyawan wanita untuk mengisi posisi-posisi penting di bidang TI,” tukas Kemas.