Grid.ID - Penggunaan media mobile dan Internet semakin merajai perilaku konsumsi digital anak-anak di Asia Tenggara.
Hasil penelitian TotallyAwesome mengungkapkan tren penggunaan Internet di kalangan anak-anak Asia Tenggara telah melampaui TV.
Durasinya bahkan 24 menit lebih lama dibanding TV setiap harinya.
Seperti dilansir Grid.ID dari infokomputer.com, penggunaan Internet tumbuh 11 persen dari tahun sebelumnya.
(BACA JUGA : Keren, Kini 15 persen Generasi Milenial Beli Mobil untuk Narik Taksi Online)
Sebanyak 77 persen anak-anak lebih memilih Internet dibandingkan TV.
Sejak 2015, TotallyAwesome telah mengamati perilaku konsumsi media di kalangan anak-anak dari berbagai negara.
Mereka membandingkan akses internet dan mobile, penggunaan dan pilihan menggunakan internet dibandingkan TV.
Studi mengamati bahwa perilaku itu terus berubah dari waktu ke waktu, dalam berbagai kategori usia.
“Seiring dengan konsumsi media mobile dan online yang berkembang di kalangan anak-anak Asia Tenggara, anak-anak menggunakan media dan kebiasaan bisa berubah sesuai usia dan tayangan di berbagai media,” Quan Nguyen (CEO TotallyAwesome) dalam siaran persnya, Minggu.
Hasil studi TotallyAwesome mengungkapkan anak-anak di Asia Tenggara menghabiskan waktu lebih banyak di media online daripada TV.
Alhasil, iklan di media online semakin memegang peranan penting bagi anak-anak untuk mendapatkan informasi terbaru.
“Dari segi perangkat, anak-anak lebih sering menggunakan smartphone dan TV, dibandingkan perangkat lainnya.
Anak-anak juga punya akses yang lebih mudah terhadap smartphone dibandingkan TV,” ujarnya.
Nguyen mengatakan strategi marketing yang paling efektif adalah memanfaatkan pendekatan kepada konsumen dengan multi channel, seperti melalui media TV dan digital.
Strategi lain adalah memaksimalkan peluang untuk berinteraksi dengan strategi yang lebih efektif.
“TotallyAwesome telah dipercaya oleh brand yang bekerjasama dengan kami untuk mencapai efektifitas interaksi dengan target market yang sesuai, melalui strategi yang tepat,” ujarnya. (*)