Find Us On Social Media :

Keren, Teknologi Suara Bisa Sembuhkan Kanker, Begini Cara Kerjanya

By Alfa, Jumat, 7 April 2017 | 04:52 WIB

HIFU menggunakan transduser ultrasonik untuk mengubah sinyal listrik menjadi gelombang suara sehingga sel-sel kanker dapat dimusnahkan tanpa menimbulkan kerusakan pada jaringan sekitarnya

Grid.ID - Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit yang sangat ditakutkan.

Karena begitu divonis sakit kanker, sulit bagi penderitanya untuk bisa sembuh total.

Oleh karena itu dilakukan riset intensif untuk mencari metode penyembuhan penyakit kanker.

Sebuah terobosan terbaru dalam teknologi terapi high-intensity focused ultrasound (HIFU) telah terbukti penggunaannya sebagai pengobatan kanker yang efektif.

Sebuah tim penelitian multi-lembaga dari China mengembangkan sebuah rongga transduser bola semi-tertutup yang dapat menghasilkan medan gelombang-berdiri (standing-wave) yang fokus dengan wilayah fokal panjang gelombang menengah dan intensitas ultrasound sangat tinggi.

Rongga transduser bola muncul untuk menghasilkan daerah terpusat dan amplitudo tekanan yang lebih besar dibandingkan dengan transduser tradisional berbentuk bola cekung.

Para peneliti mengatakan tingkat intensitas yang dihasilkan oleh desain transduser baru dapat menyebabkan perbaikan yang signifikan dalam terapi HIFU.

Penemuan ini dipublikasikan dalam Journal of Applied Physics.

HIFU merupakan pengobatan target non-invasif (tanpa pembedahan) yang menggunakan gelombang suara untuk membasmi sel-sel kanker.

HIFU menggunakan transduser ultrasonik untuk mengubah sinyal listrik menjadi gelombang suara, kemudian mengumpulkan suara ultra itu dan memusatkan pada area sempit untuk menaikkan suhu lebih dari 65 derajat Celcius.

Akibatnya, sel-sel kanker dapat dimusnahkan tanpa menimbulkan kerusakan pada jaringan sekitarnya.

Teknik ini bekerja dengan cara yang sama seperti memfokuskan sinar matahari melalui lensa, yang membantu menghilangkan sel-sel penyebab penyakit.