Grid.ID- Apa sih keunggulan ban radial?
Lalu apa perbedaannya dengan ban yang biasa dipakai pada motor-motor kecil di Indonesia?
Ternyata perbedaan kedua jenis ban ini ada pada konstruksinya.
Yang tentunya, baik ban radial maupun ban bias memiliki keunggulan sesuai dengan kebutuhan pemakainya.
(BACA JUGA Ini 5 Cara Aman Menghindari Lubang Pakai Motor, Bisa Fatal Akibatnya)
BAN BIAS
Ban bias atau disebut juga sebagai ban cross ply, konstruksinya terdiri dari beberapa lapisan ply cord (kain ban).
Lapisan itu diletakan secara diagonal dan bersilangan.
Sudutnya kurang dari 90 derajat dari garis tengah ban.
Semakin banyak lapisan, ban akan semakin kuat menahan beban
(BACA JUGA Nggak Cuma Celaka, Bagian Ini Dari Motor Kamu Bisa Rontok Kalau Kena Lubang di Jalan )
BAN RADIAL
Sedang ban radial adalah pengembangan teknologi dari ban bias.
Ban radial memiliki ply cord bersudut kurang lebih 90 derajat terhadap garis tengah ban.
Tapi memiliki lapisan steel belt atau sabuk baja di atasnya.
Steel belt ini membuat konstruksi ban lebih rigit dan kekar
Karena lebih rigit dan kekar, daya cengkramnya ke aspal pun lebih sempurna.
Terlebih dalam kondisi menikung, feeling handlingnya jadi lebih mantap, akibat daya cengkram yang lebih baik. (*)