Grid.ID-Sebuah situs, apapun isinya, tentu ingin dikunjungi banyak orang.
Kebanyakan tujuannya untuk bisnis atau untuk mendapatkan uang.
Meskipun, uang bisa datang lewat berbagai cara.
Uang bisa datang lewat transaksi langsung, bisa lewat iklan atau lewat permintaan jasa dan layanan produk.
Menurut Davit, pendiri RWP (Rahasia Website Pemula), ada situs yang umurnya sudah bulanan sampai tahunan, tapi pengunjungnya masih di bawah 100 orang per hari.
(BACA JUGA Agar Pembeli Toko Online Kamu Tak Kabur, Simak 5 Trik Jitu Berikut)
Menurut Davit, ada cara cepat dan cara lambat untuk mendapatkan pengunjung.
Jika Anda sudah punya pengetahuan tentang internet alias bukan pemula, maka sebaiknya gunakan cara cepat dan cara lambat sekaligus.
Gunanya agar tahu kelebihan & kekurangannya masing-masing.
Jika sudah tahu kelebihannya, maka Anda bisa fokus mau pakai cara apa yang paling dominan.
(BACA JUGA Aladin, Aplikasi untuk Milenial yang Doyan Belanja Online, Hayoo Mau Coba?)
Bisa juga memakai kombinais cara cepat 50 persen dan cara lambat 50 persen, atau kombinasi cara cepat 70 persen dan cara lambat 30 persen.
Semua yang bisa mengukur adalah Anda sendiri setelah mencoba kedua cara tersebut.
Apa saja Cara Cepat & Cara Lambat tersebut?
(BACA JUGA Dicoba dicoba! Program Promo Beli Mobil dan Motor Di IIMS 2017, Bisa Dari Online Shop Ini)
1. Cara Cepat
Cara ini harus mengeluarkan uang, yaitu pakai media iklan seperti Facebook Ads, Instragram, atau Google Adwords.
Memang masih banyak pilihan media beriklan yg lain, namun saat ini yang paling powerfull adalah beriklan di Facebook, Instragram, atau Google Adwords.
Media Sosial terbesar yg digunakan orang Indonesia saat ini adalah Facebook dan Instagram.
Ada sebanyak 69 persen pengguna internet Indonesia yang mengakses kedua medsos tersebut setiap harinya.
Sebanyak sekitar 91,5 Juta orang Indonesia secara bergantian mengakses Facebook dan Instagram setiap hari.
(BACA JUGA Jangan Kecewa Kalau Online Shop Kamu Belum Laris, Coba Lakukan 10 Hal Ini )
Oleh karena itu, wajar jika banyak pelaku bisnis yang memasang iklan di kedua Medsos tersebut (Facebook dam Instagram).
Bukan hanya pebisnis online perorangan, tapi juga perusahaan-perusahaan besar sudah berlomba memasang iklan di sana.
Karena Instagram adalah anak Perusahaan Facebook, maka kita bisa pasang iklan di Instagram sekaligus ketika pasang iklan di Facebook.
Ada settingannya supaya iklan kita muncul sekaligus pada Facebook & Instagram.
(BACA JUGA Pernah Tertipu Beli Online via Medsos? Pakai Aplikasi Ini, Uang Pasti Balik Jika Barang Tak Dikirim )
Lalu bagaimana dengan Google Adwords?
Ini juga cara cepat mendatangkan Pengunjung ke situs kita.
Jumlah Potensi Pembaca iklan kita di Google Adwords bisa lebih besar lagi dibandingkan Facebook dan Instagram.
Karena Iklan Google Adwords bisa muncul di situs Google dan situs Mitra Google di seluruh dunia, yang bekerja sama dnegan sistem Google Adsense.
Bagaimana kecepatannya mendapatkan Respon Pengunjung??
(BACA JUGA Tips Menjual Produk Secara Online )
Menurut Davit yang sudah beberapa kali mengajar untuk pasang iklan Google Adwords, responnya sangatlah cepat.
Hanya dalam hitungan jam, maka sudah dapat respon pengunjung melalui telpon atau WA.
Jika iklan Adwords dipasang siang hari, sorenya sudah ada pengunjung yang telepon dan bertanya-tanya melalui WA.
Tentu kecepatan tersebut membuat murid David sangat gembira bercampur kaget.
(BACA JUGA Ngakak! Pesan McD Pakai Jasa Antar Online, Malah Yang Datang Beginian)
2. Cara Lambat
Cara lambat adalah memakai SEO Google.
Saran David, Anda jangan pernah berhenti memakai cara lambat ini.
Meskipun hasilnya tidak dalam hitungan jam seperti Iklan Adwords dan Facebook di atas, namun cara lambat ini akan membentuk perakaran di dalam "tanah" internet Google.
Setiap kita menerapkan ilmu SEO Google dari hari ke hari, maka semua konten di aitus kita akan masuk database Google.
Hal itu bisa menjadi bom waktu untuk sumber pengunjung.
(BACA JUGA Ikut Program Taksi Online, Jedar Takut Ditumpangi Haters? )
Jika perakarannya sudah kuat di SEO Google, maka pengunjung akan datang terus menerus, meskipun Anda tidak sempat menyentuh situsnya selama berbulan-bulan.
Tugas Anda lebih banyak melayani calon pembeli yg datang, tanpa tahu dari mana asalnya.
Sementara kalau memakai metode cepat beriklan, Anda harus terus mengisi saldonya di Facebook atau di Google Adwords supaya iklannya terus jalan.
Kalo saldonya habis, maka iklannya berhenti.
No Saldo = No Iklan tayang = Nol Pengunjung.
(BACA JUGA Wow! Lagi dinego, Nanti Penumpang Taksi Online Di Singapura Bisa Sambil 'Fly')
Kalo pada cara lambat SEO Google, maka pengunjung akan datang terus-menerus meskipun nggak pakai Saldo dan nggak sempat mengurus Web.
No Saldo > No Posting Web > Pengunjung masih banyak.
No Saldo > Tambah Posting Web > Pengunjung makin banyak saja.
(BACA JUGA Keren, Siswa di 5 Kota Ini Bisa Belajar Online Gratis Lewat Quipper)
Jadi kesimpulannya, silahkan Anda pilih sendiri, mau pakai Cara Lambat atau Cara Cepat?
Atau mau pakai keduanya?
Sukses untuk Anda yang mau berusaha. (*)