Grid.ID – Pada hari Kamis (20/04/2017) ini, terlontar banyak keluhan dari para pelanggan Telkomsel maupun IndiHome.
Para pelanggan tersebut mengeluhkan koneksi internet yang sangat lambat atau bahkan mati.
(BACA JUGA: Hati-hati Scam, Jangan Sebarkan Tawaran 1 Tahun Gratis Telkomsel 4G yang Beredar di Facebook, Isinya Virus!)
Sejumlah pelanggan terlihat mengeluhkan masalah tersebut melalui Twitter.
“@Telkomsel ada apa hari ini? Koneksi Tidak stabil. Internetan lemot sekali. Tolong segera dibenahi (karena) sangat mengganggu. Terima kasih,” keluh akun @RofiAshar di Twitter.
Telkomsel membenarkan terjadinya gangguan pada layanan mereka.
Vice President Corporate Communication Telkomsel, Adita Irawati mengatakan gangguan terjadi pada hari ini, Kamis (20/4/2017) dan telah selesai ditangani sekitar pada pukul 20.00 WIB.
Telkom sendiri sebagai penyedia backbone Telkomsel mengatakan, terjadi gangguan kabel optik jalur Jakarta-Batam antara Rengat dan Sorek di Proponsi Riau.
Menurut surat dari manajemen IOC, STO di Bukit Dangas terkena sambar petir.
Selain itu ada gangguan link Surabaya-Kalimantan-Batam pula.
(BACA JUGA: GAWAT DARURAT! Keseringan Main Facebook Bisa Picu Gangguan Jiwa, Ini Penjelasannya!)
Perangkat di Batam menurut Telkom akibat terkena petir keduanya berdampak pada penurunan kualitas layanan internet Telkom Group.
Akibat petir yang menyambar tersebut, kekuatan jaringan secara keseluruhan turun sekitar 75% dari normal.
Gangguan terjadi di jalur kabel internasional yang menghubungkan Jakarta dan Surabaya ke Batam.
Telkom telah berhasil menangani masalah tersebut, meski sempat mati selama 8 jam dan kembali normal pukul 20.00 WIB tadi. (*)