Grid.ID-Jelang Lebaran, aktifitas belanja masyarakat selalu meningkat.
Apalagi produsen dan mal juga memanjakan mereka dengan banyaknya bonus dan diskon.
Hal itu juga berlaku dalam aktifitas belanja online, yang sudah mulai menjadi favorit para konsumen.
Salah satu pendukung penjualan online marketplace adalah Shopback, yaitu platform penyedia cashback belanja online.
(BACA JUGA Sedih, Kisah Yana Zein Menuju Tempat Peristirahatannya Yang Terakhir )
Mereka baru saja merilis temuan menarik dari studi yang dilakukannya terkait perilaku dan minat belanja online Konsumen Indonesia menjelang Lebaran 2017.
Produk yang Diminati Konsumen Jelang Lebaran
Survei ShopBack menunjukkan kategori Fashion sebagai kategori yang paling diminati konsumen belanja online Indonesia (81,9%).
Tiga produk fashion paling diminati memang mencerminkan kebutuhan Konsumen Muslim – Baju Koko (54,5%), Baju Gamis (53,1%) dan Hijab (44,1%).
Namun terdapat jenis produk yang universal yang masuk ke dalam pilihan utama, yaitu Sepatu (44,1%).
Kategori lainnya yang promosinya juga sangat ditunggu oleh konsumen belanja online adalah kategori Elektronik (43,1%), Makanan (40,7%), Perabot Rumah Tangga (33,8%), Groceries (32,4%), dan Travel (31,9%).
“Produk-produk yang diminati rata-rata adalah produk yang pendanaannya tidak diambil dari alokasi bujet harian."
"Kami melihat konsumen benar-benar akan memanfaatkan promo istimewa di Bulan Ramadhan untuk mendapatkan produk-produk impiannya,” ujar Yonathan. “Sementara untuk kebutuhan sehari-hari seperti bumbu dapur dan makanan beku, konsumen lebih memilih berbelanja langsung."
(BACA JUGA Awas, Jangan Langsung Percaya Foto Keren di Media Sosial, Simak 11 Tipuan Foto Ini )
"Hanya 18,9% konsumen yang menyatakan akan membeli bumbu dapur dan 29,5% akan membeli produk makanan beku secara online dengan memanfaatkan promo Ramadan."
Menurut analisa Shopback, minat ini terkait dengan prioritas kebutuhan serta masalah kepastian kualitas produk, khususnya untuk makanan beku.
Jadi mereka tidak menempatkan promosi untuk produk-produk ini sebagai promosi favorit.
(BACA JUGA Miris, Saat Kanker Payudara Stadium 4 Seperti Yana Zein, 7 Gejalanya Sangat Menyakitkan )
Khusus untuk kategori produk Travel, 59,20% konsumen menyatakan lebih memilih melakukan pemesanan secara online dibandingkan dengan pembelian langsung di biro perjalanan.
Alasan utamanya adalah harga yang lebih murah jika melakukan pemesanan online (58,4%).
Untuk produk travel, tiket pesawat masih menjadi produk yang paling diminati (57,4%), diikuti dengan tiket kereta api (53%) dan kamar hotel (52,2%).
(BACA JUGA Ini Penyebab Ria Irawan, Rima Melati, Jupe dan Renita Terkena Kanker Berat: Ada yang Akibat Diet )
Waktu Paling Nyaman Belanja Online Ramadan dan Lebaran
Waktu menjelang berbuka puasa diakui responden sebagai waktu yang paling nyaman untuk berbelanja online (56,10%).
Hanya sedikit responden yang menyatakan menyukai berbelanja online di waktu Sahur atau sekitar waktu Subuh (37%).
Sementara itu, selaras dengan pengakuan responden tentang penggunaan THR sebagai sumber utama belanja online untuk Lebaran, rata-rata responden (41,60%) akan berbelanja mulai 2 minggu menjelang Lebaran.
(BACA JUGA Waspada, Kalau Kamu Alami 6 Hal Ini, Berisiko Besar Kena Kanker Payudara seperti Yana Zein )
Masa tersebut adalah masa pembagian THR mulai dibagikan oleh rata-rata perusahaan di Indonesia.
Sedangkan responden lain mengaku akan mulai berbelanja online sejak 3 minggu menjelang Lebaran (29,20%).
Bahkan ada yang memulainya di 4 minggu sebelum lebaran (19,80%). (*)