Find Us On Social Media :

Minum Kopi di Pagi Hari Berbahaya, Berikut Penjelasannya

By Kama, Selasa, 13 Juni 2017 | 04:56 WIB

Minum Kopi justru tidak baik di pagi hari

Grid.ID - Mengkonsumsi minuman kopi panas di pagi hari, dipercaya memberikan sensasi atau membuat mood menjadi bersemangat untuk melakukan aktivitas.

Nyatanya meminum kopi di pagi hari berbahaya daripada mengkonsumsi kopi di siang hari saat mengatasi rasa kantuk dan bosan.

(BACA: Gawat! NASA Umumkan Ada 10 Asteroid yang Baru Ditemukan dan Berpotensi Menabrak Bumi!)

Seseorang tidak boleh mengkonsumsi kopi atau bahan minuman berkafein saat produksi kortisol tinggi.

Jika mengkonsumsi kopi saat kortisol tinggi, tubuh tidak akan mengurangi efek kopi tetapi juga mengembangkan resistensi terhadap kafein.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Steven Miller dari Universitas Health Sciences di Bethesda, produksi hormon kortisol akan mengalami siklus jam saat produksi hormon kortisol mencapai puncak tertinggi adalah jam 8.00-9.00 pagi, jam 12.00-13.00 siang, jam 17.30-18.30.

Setiap orang memang memiliki siklus yang berbeda-beda, namun rata-rata akan mengalami produksi hormon kortisol tertinggi di jam-jam tersebut.

(BACA: Lebih Gawat! Peneliti dari Ceko Meramalkan Bumi Dihantam Asteroid Dalam 5 Tahun Lagi!)

Jadi waktu yang paling tepat untuk meminum kopi adalah saat produksi hormon kortisol mulai menurun, tepatnya pada jam yang kita kenal dengan istilah coffee break, antara jam 9.30-11.30, jam 13.30 dan jam 5 sore.

Mulai sekarang buat kamu pecinta kopi, perhatikan waktu untuk kebiasaan. (*)