Grid.ID-Kenaikan trafik layanan Data di hari Lebaran Idul Fitri 2017 kembali dialami oleh operator.
Salah satunya XL, yang mencatat terjadi kenaikan trafik layanan Data hingga 15% dibandingkan hari-hari biasa, pada periode 20-27 Juni 2017 atau H-5 hingga H+2 Lebaran, .
Kenaikan ini meningkat 218% dibandingkan trafik di periode yang sama tahun lalu.
Kenaikan trafik ini terutama didorong oleh meningkatnya aktivitas akses ke layanan Data oleh pelanggan dibandingkan hari-hari biasa.
(Baca : Lebaran Putri Aisyah Tanpa Ustaz Al Habsyi, Djafar Bajamal Ayah Putri: Al Habsyi Tidak Tahu Dimana )
Trafik Data selama periode H-5 hingga H+2 tercatat total lebih dari 4020 TB, meningkat dari rata-rata trafik data di hari-hari biasa sebesar 3.600 TB.
Akses ke sejumlah media sosial popular memang meningkat dibandingkan trafik akses pada hari biasa.
Trafik akses ke Facebook tertinggi meningkat lebih dari 50%, Instagram lebih dari 20%, serta YouTube lebih dari 17%.
Kenaikan dipicu oleh kebutuhan pelanggan untuk berbagi informasi dan pengalaman menjalani aktivitas seputar merayakan Lebaran.
(Baca : Ngilu, Saking Lama Menjomblo Lalu Lampiaskan Nafsu Seksualnya Dengan Cara Ini )
Sementara itu, kenaikan trafik juga terjadi pada akses ke layanan Google seperti Google Map dan aplikasi penunjuk rute jalan dan kepadatan lalu lintas Waze hingga mencapai lebih dari 135%.
Kenaikan akses ke kedua layanan tersebut seiring dengan melonjaknya kebutuhan pelanggan atas informasi rute dan kondisi lalu lintas saat menuju kampung halaman dan lokasi-lokasi wisata di luar Jabodetabek.
Kemajuan teknologi digital juga semakin memberikan layanan yang berkualitas untuk akses ke layanan instant messaging, voice, video, dan video call seiring dengan semakin meningkatnya kualitas jaringan Data yang tersedia di tengah pelanggan.
(Baca : Selalu Berpakaian Couple Dengan Anak, Ussy Dan Keluarga Besar Juga Akan Couplelan Saat Lebaran )
Kecenderungan tersebut terlihat dari meningkatnya akses ke layanan social media messaging (WhatsApp, FB Messenger, LINE) lebih dari 46,5%.
Hal itu sekaligus menunjukkan perubahan perilaku pelanggan yang sebelumnya banyak menggunakan layanan tradisional SMS.
Kenaikan yang tinggi ini juga terdorong oleh kebutuhan pelanggan untuk menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri.
Hal yang sama juga terjadi pada akses ke layanan berbasis VoIP Call (WhatsApp Call, BBM, Facebook VoIP, Skype) hingga sekitar 9%, sebagai sarana baru untuk menggantikan layanan voice tradisional atau telepon biasa.
(Baca : Bebaskan Lemak Membandel di Perut Setelah Lebaran dengan 4 Olahraga Ringan Ini )
Jaringan 4G LTE memperlancar pelanggan dalam mengakses layanan Data, termasuk konten Data berukuran besar seperti video atau film dan foto-foto beresolusi tinggi.
Peningkatan trafik akses lainnya terjadi pada konten video, termasuk download/upload sekitar 6%.
Adapun akses video call (via BBM, Viber, LINE, WhatsApp, Facebook VoIP, Skype) meningkat sekitar 9%.
Kenaikan trafik semua jenis layanan Data tersebut juga terdorong oleh makin meluasnya jaringan 4G LTE di berbagai daerah di luar Jawa, baik di Sumatera, Kalimantan, serta Sulawesi. (*)