Grid.ID-Selama lebaran, terjadi pergerakan masyarakat Indonesia dalam jumlah sangat besar, secara bersamaan.
Ada puluhan juta warga yang berpindah ke berbagai tempat selama lebaran, baik untuk mudik antar kota, atau ke tempat liburan.
Pergerakan itu sekaligus juga membuat naiknya pelanggan operator seluler di beberapa daerah.
Tercatat terjadinya pergerakan pelanggan, di mana jumlah pelanggan di wilayah Jabodetabek menurun, sedangkan trafik di wilayah Jawa Tengah, di Yogyakarta, dan Jawa Timur meningkat.
(Baca : Saat Lebaran, Akses ke Facebook Naik 50 Persen, Google Maps dan Waze Melonjak 135 Persen )
Hal ini sesuai dengan pergerakan warga Jabodetabek yang melakukan perjalanan pulang kampung.
Seperti dialami operator XL, saat hari H Lebaran (25 Juni 2017), jumlah pelanggan di Jabodetabek menurun sebesar 23%.
Sebaliknya di beberapa wilayah yang menjadi tujuan mudik utama mengalami peningkatan jumlah pelanggan, seperti di Jawa Barat meningkat 13,5%, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta 22%, serta Jawa Timur 10,5%.
(Baca : Uang Raffi Ahmad Habis Karena Diminta Oleh Anak-Anak di Kuburan Olga Syahputra )
Jumlah pelanggan yang ada di suatu wilayah akan mempengaruhi kenaikan trafik di wilayah yang bersangkutan.
Untungnya, kepadatan trafik komunikasi lebaran ini dimbangi dengan menurunnya tingkat keluhan pelanggan yang masuk melalui customer service dibandingkan rata-rata keluhan yang masuk di hari biasa.
Penurunan yang terjadi cukup signifikan, yaitu mencapai sekitar 22%.