Grid.ID-Selama masa mudik lebaran, hari pertama lebaran, dan seminggu sesudahnya, penggunaan telekomunikasi memang meningkat tajam.
Salah satu operator seluler, yaitu Indosat Ooredoo menyatakan bahwa trafik telekomunikasi khususnya trafik layanan data meningkat cukup signifikan.
Saat puncak hari Lebaran tanggal 25 Juni 2017, trafik layanan data meningkat sebesar 113.60% dibanding trafik data di hari Lebaran tahun sebelumnya (2016).
Total trafik data yang digunakan menjadi sekitar 2813.18 Terabyte/hari.
(Baca : Bangga! Tidak Hanya Ramai di Indonesia, Malaysia pun Sangat Antusias Dengan Film Terbaru Joe Taslim )
Bila dibandingkan dengan trafik harian reguler, trafik data pada hari Lebaran ini meningkat sebesar 39.52%. Peningkatan trafik data tertinggi selama masa mudik Lebaran 2017 terjadi pada hari puncak mudik Lebaran atau H-3 Lebaran. Saat itu, trafik data di hari H-3 Lebaran meningkat menjadi sekitar 3102.10 Terabyte/hari.
Angka ini berarti naik 53.85% dibandingkan trafik data reguler pada hari biasa.
(Baca : Liburan Lebaran Nirina Zubir Keliling Ibukota Saat Sepi, Intip Videonya Yuk )
Peningkatan trafik data ini sejalan dengan tren penggunaan social media di masyarakat, terutama aktifitas komunikasi menggunakan berbagai aplikasi dalam berkomunikasi dan bersilaturahmi selama masa Lebaran. Berbeda dengan layanan data, trafik layanan suara dan SMS cenderung turun selama Lebaran 2017.
Bila dibandingkan dengan trafik reguler harian biasa, trafik voice pada hari Lebaran mengalami penurunan menjadi sekitar 286.52 Juta menit.
Hal ini berarti turun sekitar 14.45% .
(Baca : Gara-Gara Tidur Bugil, Gadis Ini Tak Sadar Diperkosa dan Mengira Sedang Mimpi Basah )
Sementara jumlah SMS di hari Lebaran menurun menjadi sekitar 321.12 Juta SMS, atau turun 31.40%. Adapun keberhasilan kirim antar pelanggan Indosat Ooredoo tercatat lebih dari 94.18%.
Artinya tidak ada permasalahan yang signifikan dalam pengiriman SMS internal jaringan Indosat Ooredoo.
Di sisi lain, tingkat keberhasilan pengiriman SMS antar operator mencapai sekitar 89.21%, walau terjadi kepadatan jalur pengiriman antar operator.
”Layanan pelanggan yang baik ini tidak lepas dari upaya peningkatan kapasitas layanan data menjadi 7344 Terabyte/hari, kapasitas layanan suara disiapkan menjadi 37,5 juta Erlang/hari, dan untuk kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1,9 Miliar SMS/hari."
"Peningkatan kapasitas ini disiapkan untuk 95,6 juta pelanggan Indosat Ooredoo di seluruh Indonesia,” ujar Umar Hadi, Group Head Network Operations Indosat Ooredoo.
Tugas ISOC adalah memantau kualitas layanan aplikasi yang biasa digunakan pelanggan seperti Youtube, Instagram, Whatsapp, Facebook, Spotify, iflix, dan lain sebagainya. (*)