Find Us On Social Media :

Inilah Penyakit yang Bisa Terjadi Karena Polusi, Bahkan Bisa Mematikan Loh!

By Anita Rohmatur R, Rabu, 11 Oktober 2017 | 20:49 WIB

Polusi sebabkan penyakit

Grid.ID - Polusi sepertinya seakan sudah menjadi teman kita dalam beraktifitas sehari-sehari, baik yang berasal dari asap kendaraan sampai dengan asap yang berasal dari rokok.

Sebagian dari kita juga terkadang menyepelekan apa dampak dari polusi udara itu sendiri, masih sedikit kesadaran memakai masker untuk mencegah polusi masuk dalam udara yang kita hirup.

(BACA: Binatang ini Punya Akun Instagram Sendiri dan punya Banyak Followers! Kok Bisa?)

Tahukah kamu? Menurut dr. Irwan Heriyanto, MARS, Chief Medical Halodoc menjelaskan bahwa Ternyata polusi yang kita hirup sehari-hari ternyata bisa menjadi berbagai faktor penyakit, seperti penyakit ISPA misalnya.

Infeksi saluran pernapasan akut atau biasa disebut dengan ISPA adalah infeksi yang mengganggu proses pernapasan seseorang.

Infeksi ini biasanya disebabkan oleh virus yang menyerang hidung, trakea (pipa pernapasan), atau bahkan paru-paru.

ISPA menyebabkan fungsi pernapasan menjadi terganggu, jika tidak segera ditangani, infeksi ini dapat menyebar ke seluruh sistem pernapasan dan menyebabkan tubuh  tidak mendapatkan cukup oksigen.

Kondisi ini bisa berakibat fatal bagi tubuh kamu, bahkan bisa menyebabkan kematian.

(BACA: Rilis Toko Kue Kekinian, Ali Syakieb Ditemani Wanita Cantik ini)

Indonesia sendiri merupakan peringkat pertama dengan penderita penyakit ISPA terbanyak, menurut WHO, ISPA menyerang masyarakat baik dewasa maupun anak-anak menderita batuk pilek sebanyak 3-6 kali setiap tahunnya.

Atas dasar itu, dr. Irwan pun berpesan kepada masyarakat agar lebih sadar akan pencegahan penyakit ini dimulai dari menggunakan masker saat berkendara motor ataupun berada di jalan raya yang terdapat banyak polusi udara akibat kendaraan tersebut.

(*)