Laporan Wartawan Grid.ID, Dinda Tiara Alfianti
Grid.ID – ‘Endorse, sist’ atau ‘Promo dong, jeung’, barangkali adalah istilah yang terbiasa kamu dengar lima tahun belakangan ini, hehehe….
Semenjak ramainya media sosial instagram sebagai platform tampilan modis para selebriti atau bahkan masyarakat umum, heboh pula sistem endorsement yang banyak dilakukan sejumlah pelaku bisnis fashion online.
Aturannya simpel, si artis atau selebriti cukup foto mengenakan busana atau aksesori milik sebuah brand dengan hasil yang sebaik mungkin yang kemudian diunggah di instagram dengan caption tertentu sesuai pesanan.
Imbalannya bisa berupa barang tersebut secara gratis hingga nominal tertentu untuk sekali posting.
Wow, banget, kan? Hehehe…
( BACA : 5 Orang ini Mendadak Terkenal, Bahkan Ada yang Diendorse, Nomor 4 Bikin Nggak Nyangka! )
Yap, bisa dikatakan jika endorsement di instagram adalah strategi pebisnis untuk memasarkan produknya melalui sosok publik figur atau selebgram terkenal.
Kalau dulu istilahnya ialah buzzer seperti di instagram atau di facebook.
Nah, kalau sekarang lebih banyak disebut endorser yang juga sebagian besar merupakan artis atau bahkan selebgram.
Penasaran dibuatnya, Grid.ID bertanya soal seberapa besar pengaruh para selebgram ini dalam sebuah penjualan produk di media sosial.
Begini jawaban fashionpreneur Aju Isni Karim yang merupakan pelaku bisnis mode sejak tahun 2006.