Laporan Wartawan Grid.ID, Dinda Tiara Alfianti
Grid.ID – ‘Endorse, sist’ atau ‘Promo dong, jeung’, barangkali adalah istilah yang terbiasa kamu dengar lima tahun belakangan ini, hehehe….
Semenjak ramainya media sosial instagram sebagai platform tampilan modis para selebriti atau bahkan masyarakat umum, heboh pula sistem endorsement yang banyak dilakukan sejumlah pelaku bisnis fashion online.
Aturannya simpel, si artis atau selebriti cukup foto mengenakan busana atau aksesori milik sebuah brand dengan hasil yang sebaik mungkin yang kemudian diunggah di instagram dengan caption tertentu sesuai pesanan.
Imbalannya bisa berupa barang tersebut secara gratis hingga nominal tertentu untuk sekali posting.
Wow, banget, kan? Hehehe…
( BACA : 5 Orang ini Mendadak Terkenal, Bahkan Ada yang Diendorse, Nomor 4 Bikin Nggak Nyangka! )
Yap, bisa dikatakan jika endorsement di instagram adalah strategi pebisnis untuk memasarkan produknya melalui sosok publik figur atau selebgram terkenal.
Kalau dulu istilahnya ialah buzzer seperti di instagram atau di facebook.
Nah, kalau sekarang lebih banyak disebut endorser yang juga sebagian besar merupakan artis atau bahkan selebgram.
Penasaran dibuatnya, Grid.ID bertanya soal seberapa besar pengaruh para selebgram ini dalam sebuah penjualan produk di media sosial.
Begini jawaban fashionpreneur Aju Isni Karim yang merupakan pelaku bisnis mode sejak tahun 2006.
( BACA : Nggak Cuma Endorse, Salah Satu Anggota Blink Ini Mulai Intens Kenakan Hijab loh, Makin Cantik Aja! )
Menurutnya, seorang selebgram berpengaruh besar dalam mempromosikan produk yang dijualnya di zaman generasi millennials sekarang ini.
"Bagi aku, selebgram itu kaya public relationnya media sosial sih, jadi orang akan terpengaruh dengan apa yang ia beritakan atau pamerkan di akun Instagram miliknya," jelas wanita yang lahir di Malang tanggal 28 Maret 1972 ini di butik L.tru miliknya di kawasan Bintaro Jakarta pada Senin 18 September 2017.
Dengan menunggah produknya yang dipakai oleh selebgram, maka akan membuat para pengguna media sosial menjadi tertarik dan membeli produk serupa dengan seleb tersebut.
Saat ditanyakan siapa saja artis yang pernah diendorse oleh produk hijab merek L.tru yang dimilikinya, Isni merasa hampir selebgram yang berhijab pernah diendorse olehnya.
( BACA : Sadar Bisa Mengutungkan, Raffi Ahmad Buka Jasa Endorse, Asalkan Barangnya Asli! )
"Yang aku ingat sih pernah waktu itu pas Rina Nose pertama kali pakai hijab, pernah ia rutin pakai produk L.Tru dan ma.na, itu juga karena melihat Avi Basalamah istri dari Ramzi sering pakai produk kita," jelasnya.
Menurutnya, tak hanya media sosial, rasa percaya dan nyaman seseorang akan produk hijabnya dapat membuat produk tersebut menjadi lebih banyak diminati.
Karena, jika seseorang nyaman memakai produk yang dipakainya maka orang tersebut pasti akan ikut mempromosikan kepada para kerabat terdekatnya.
Jadi, tak hanya media sosial, promosi dari mulut ke mulut pun masih bisa jadi andalan bisnis kamu, loh! (*)