Grid.ID - Percaya nggak percaya, uniknya masyarakat Indonesia malah jadi inspirasi bagi perkembangan Toyota Kijang.
Dari yang awalnya hanya diciptakan sebagai kendaraan niaga, kemudian berubah menjadi kendaraan keluarga.
Oh ya, kalau boleh sedikit mengulang bahwa Toyota Kijang itu diciptakan pertama dengan model pick up.
Waktu itu (1970-an) pemerintah mendorong industri otomotif untuk mengembangkan Kendaraan Bermotor Niaga Sederhana (KBNS).
Toyota Kijang kali pertama diperkenalkan sebagai KBNS, pada 1977 dan pakai mesin 3K yang berkapasitas 1.200 cc.
Berjalannya waktu, Toyota Kijang yang juga terkenal dengan sebutan Kijang Buaya itu nggak hanya jadi kendaraan niaga.
Konsumen pemilik Toyota Kijang, juga menggunakan sebagai mobil penumpang termasuk untuk membawa keluarga.
Kenyataan dilapangan yang seperti itu, kemudian mendorong perusahaan karoseri untuk memproduksi bodi minibus.
Itu juga yang kemudian membuat PT Toyota Astra Motor, memproduksi generasi ke-2 Toyota Kijang (1981-1985).
Pada generasi berikutnya ini, Toyota Kijang tampil dengan beberapa perubahan.
Diantaranya seperti engsel pintu yang sebelumnya di Kijang Buaya ada di luar, generasi ke-2 ini sudah tersembunyi.
Juga pada bagian kap mesin sudah nggak overlap sampai ke sisi bodi, sehingga saat dibuka nggak menganga seperti moncong buaya.