Find Us On Social Media :

Toyota Kijang Generasi 4 Dapat Sebutan Kijang Kapsul, Hadir Jadi Penanda Perkembangan Kendaraan Keluarga Indonesia

By Octa Saputra, Rabu, 25 Oktober 2017 | 22:09 WIB

Toyota Kijang generasi 4 a.k.a Kijang Kapsul

Grid.ID - Toyota Kijang yang sudah sampai generasi 3, memantapkan posisinya sebagai kendaraan yang pas bagi keluarga di Indonesia.

Zaman makin berkembang dan persisnya pada Januari 1997, generasi terbaru Toyota Kijang mengaspal di Tanah Air.

Generasi terbaru yang masuk dalam hitungan ke-4 ini, merubah total tampang generasi sebelumnya yang terlihat makin modern dengan desain bodi yang membulat.

Seperti generasi-generasi sebelumnya, dengan melihat desain bodi Toyota Kijang ini juga dapat julukan dari konsumen Indonesia.

(TOP BGT! Toyota Kijang Generasi 3 Dimata Konsumen, Nggak Percaya Deh Apa Saja yang Mereka Sudah Dilakukan )

Desain bodi yang membulat dengan model buritan yang juga senada, membuat Toyota Kijang generasi 4 ini dijuluki sebagai Kijang Kapsul.

Tentu desain bodi Kijang Kapsul menyiratkan model kekinian (waktu itu) dan aerodinamis.

Dari bagian bodi, mari coba melirik apa yang terjadi di mesin.

Kijang Kapsul dihadirkan dengan 2 pilihan mesin, yakni mesin berbahan bakar bensin dan diesel.

(Toyota Kijang Kali Pertama Hadir Dalam Bentuk Pick Up, Siapa Sangka Dari Sini Sejarah Mobil Keluarga Dimulai)

Untuk yang menggunakan mesin bensin, pakai yang tipe 7K dan berkapasitas 1.800 cc.

Sementara pilihan lainnya adalah mesin tipe 2L pakai bahan bakar solar dan punya kapasitas mesin 2.400 cc.

Kijang Kapsul yang menggunakan mesin bensin, sampai dengan 1999 pakainya karburator.

Menginjak lansiran 2000, Kijang Kapsul yang pakai mesin bensin berubah dari karburator ke EFI (Electronic Fuel Injection).

(Amazing! Toyota Kijang Super dan Toyota Kijang Grand Extra, Sejarah Baru yang Ditorehkan Generasi ke-3 Ini Mulainya Dari Bagian Bodi Loh)

Generasi 4 ini, juga dihadirkan dengan pilihan transmisi manual dan otomatis.

Untuk Kijang Kapsul yang bertranmisi manual, memiliki 5 percepatan dan sedangkan yang otomatis 4 percepatan.

Era penggunaan mesin injeksi, membuat desain lampu Kijang EFI menjadi lampu kristal dan itu melengserkan lampu kabut built-in.

Selain memiliki varian sasis pendek (SX, SSX dan SGX), waktu itu Kijang Kapsul juga tersedia dengan model sasis panjang (LX, LSX dan LGX).

(Wow! Anda Harus Tahu, Kalau Ada Satu Varian Khusus Terselip di Toyota Kijang Generasi 3)

Dengan basis dari varian LGX, Kijang Kapsul dihadirkan dalam model Krista.

Ciri khasnya adalah adanya tambahan over fender, warna body two tone dan interior lebih mewah dari LGX/SGX.

Model yang lebih mewah ada pada Kijang Kapsul yang pakai sasis pendek.

Menggunakan basis dari SSX, model Rangga hadir dengan tambahan over fender, warna body two tone dan ban serep yang dipasang menempel pada pintu belakang.(*)