Grid.ID - Pramugari sebernarnya bukanlah sepenuhnya pelayan para penumpang.
Mereka bertugas melayani kebutuhan dan kenyamanan penumpang selama di dalam pesawat, tetapi yang terpenting adalah memastikan keselamatan para penumpang.
Pramugari memiliki tugas lebih dari sekadar membantu penumpang karena mereka adalah salah satu ujung tombak membantu pilot ketika pesawat dalam keadaan darurat.
Flight attendant atau pramugari bertugas memastikan keselamatan kamu sebagai penumpang, bukan melayani semua kebutuhan.
(Jangan Percaya Berita Hoax, Inilah 12 Fakta Sebenarnya Registrasi Kartu SIM Prabayar)
Mereka telah menjalani training, termasuk pelatihan untuk kondisi medis darurat, CPR (Cardiopulmonary resuscitation), dan cara mengevakuasi dari pesawat.
Mereka juga memastikan para penumpang mendapatkan pengalaman yang nyaman ketika terbang.
Lalu, apakah mereka pernah kesal dengan ulah para penumpang yang tidak mau diatur?
Jawabannya iya.
(Jangan Takut Travelling Saat Hamil, Inilah 12 Tipsnya Agar Ibu Hamil Tetap Nyaman)
Hal ini seperti yang dikutip Grid.ID dari Foxnews, ada beberapa hal yang dibenci oleh pramugari ketika betugas dalam sebuah penerbangan.
Cerita-cerita yang membuat sebal pramugari ini diceritakan oleh seorang pramugari bernama Lia Volpe yang sudah berpengalaman lebih dari 14 tahun.
Inilah 5 ulah penumpang yang membuat jengkel pramugari.
1. Memenuhi ruang galley
"Kami menyadari bahwa kursi pesawat standar pasti tidak dirancang untuk kenyamanan, karena penumpang sangat kesempitan di kursi pesawat selama berjam-jam, tapi tolong jangan semuanya datang ke tempat kami di dapur untuk melakukan peregangan / latihan. Ketika banyak penumpang di galley makan akan membuat susah bergerak," ujar Lia Volpe, pramugari dan pemilik Flight Attendant Prep Academy.
Penumpang ynag berada di galley tenyata membuat gerah dan tidak nyaman para pramugari.
(8 Tempat Terbaik di Dunia Untuk Dikunjungi oleh Pelancong Wanita Sendirian, Nomor 8 Negara Teraman )
2. Penumpang centil
"Saya pernah memiliki seorang penumpang yang meletakkan kartu namanya di keranjang minuman saya saat saya lewat sehingga ia berharap saya bisa menghubungi dia saat sudah mendarat. Kami mungkin telah bekerja empat sampai lima penerbangan setiap hari dan telah berdiri selama berjam-jam. Semua yang kita cari di penghujung hari adalah shower dan tempat tidur hotel yang nyaman bukan teman berkencan," ujar Lia Volpe.
Penumpang centil tak hanya seperti itu tingkahnya tetapi ada juga yang terang-terangan meminta nomor telepon dan ingin berkenalan.
3. Menyepelekan tugas pramugari
"Ulah penumpang lainnya adalah ketika naik ke pesawat, mereka langsung meminta untuk mencarikan tempat duduk dan meminta membawakan tasnya sambil mendorongnya ke arah kami yang seolah-olah itu adalah tugas kami," kata Lia Volpe.
Perkataan penumpang ini seolah-olah menyepelekan tugas pramugari yang harus melayani penumpang.
4. Mengabaikan perintah pramugari
Pramugari akan selalu meminta penumpang untuk mematikan semua barang elektronik termasuk telepon.
Namun tak semua penumpang menuruti, bahkan ada yang membandel hingga take off belum mematikan ponsel.
"Saya pernah menunggu seorang penumpang menyelesaikan percakapan selama lima menit di telepon sebelum saya bisa memulai pengumuman pertama yang diperlukan sebelum pintu kabin utama bisa ditutup dan dilakukan pada setiap penerbangan, " ujar Lia Volpe.
5. Meninggalkan sampah tanpa dibungkus di kursi
"Ketika kita menemukan sampah di kantong pengaman, itu membuat kita frustrasi lebih dari apapun," kata Lia Volpe.
Meninggalkan sampah seperti meninggalkan hadiah perpisahan.
Beragam sampah ditinggalkan begitu saja seperti sisa permen karet, kulit pisang, tisu dan beberapa benda yang dibuang oleh penumpang.
"Sebaiknya, ambil sampah dari kantong tempat duduk di depannya lalu membungkusnya kantong sampah yang sudah disediajan lalu berikan kepada pramugari ketika lewat sebelum mendarat," tambah Lia Volpe. (*)