Find Us On Social Media :

Miris, KPAI Sebut Efek Negatif Pertumbuhan Anak Lelaki dan Perempuan Tanpa Kehadiran Ayah

By Way, Minggu, 12 November 2017 | 19:10 WIB

peran penting ayah

Grid.ID-Hari ini diperingati sebagai Hari Ayah di Indonesia.

Hari Ayah di Indonesia pertama kali dideklarasikan di Solo pada tahun 2006, di masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono

Di seluruh dunia, Hari Ayah diperingati pada tanggal yang berbeda-beda.

Misalnya menurut wikipedia, di Amerika dan lebih dari 75 negara lain, seperti Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Turki, Pakistan, Malaysia, Singapura, Taiwan, Filipina, dan Hongkong, Hari Ayah atau Father’s Day dirayakan pada hari Minggu di pekan ke tiga bulan Juni, dan dirayakan hampir di seluruh dunia yang dimulai sejak awal abad ke-12. 

(Baca :  Saat Lamaran, Syahnaz Sadiqah dan Jeje Govinda Mengaku Saling Tegang )

Biasanya Hari Ayah dirayakan dengan pemberian hadiah kepada ayah dan kegiatan kekeluargaan. 

Di beberapa negara Eropa dan Timur Tengah, Hari Laki-laki Internasional atau International Men's Day diperingati setiap bulan 19 November.

Dilansir dari Antaranews, Wakil Ketua Komisi Perlidungan Anak Indonesia (KPAI) Rita Pranawati, di Hari Ayah Nasional 12 November ini mengingatkan peran strategis ayah dalam tumbuh kembang anak.

"Fatherless (ketidakhadiran ayah) secara umum akan berdampak bagi kepercayaan diri, kemampuan, beradaptasi, mengambil keputusan dan mengambil risiko, kematangan emosi dan psikososial," kata Rita Pranawati.

(Baca :  Selamat Hari Ayah! Sosok Pahlawan Keluarga Yang Sering Terlupakan )

Menurut Rita Pranawati, pengasuhan tanpa ayah memiliki dampak bagi anak laki-laki dan perempuan dalam meningkatkan kepercayaan diri mereka. 

Bagi anak laki-laki tanpa ayah, akan berdampak pada agresivitas anak yang dapat menyebabkan keterlibatan dalam "kenakalan remaja".