Find Us On Social Media :

Tak Disangka, Efek Kurang Tidur pada Otak Sama Seperti Lakukan Hal ini

By Atikah Ishmah W, Senin, 13 November 2017 | 19:12 WIB

makanan yang memicu mimpi buruk

Grid.ID - Minumal beralkohol diketahui banyak memberi pengaruh negatif pada tubuh.

Segelas kecil alkohol sudah cukup membuat otak kehilangan sedikit kemampuannya, seperti kemampuan berkonsentrasi, berkomunikasi, dan juga dalam mengingat sesuatu.

(BACA: Sedang Hamil, Inilah 7 Gerakan Yoga yang Dilakukan Sandra Dewi

Efek ini ternyata bisa kamu alami sama persis ketika tidur kurang dari 4 jam semalam.

Itu sebabnya, bila kamu memiliki pertemuan atau rapat penting, baiknya miliki tidur cukup pada malam sebelumnya, saran periset.

(BACA: Buat Apa Beli Baru Kalau yang Bekas juga Berkelas? Ini Dia Keuntungan Beli Mobil Second!)

Periset menemukan bahwa kekurangan tidur bisa membuat sel otak lesu dan memperlambat komunikasi, menurut penelitian yang dipublikasikan di Nature Medicine.

Implikasinya sangat besar, jika kamu mengemudi di jalan raya dan mobil depan melakukan rem mendadak, kamu mungkin tidak cukup memperhatikannya sehingga tidak cukup cepat untuk berhenti atau berusaha menghindari hal itu.

(BACA: Anak Sudah Bersuami, Ini Harapan Mama Amy untuk Syahnaz Sadiqah!)

“Efek tersebut mirip dengan apa yang kamu lihat pada seorang peminum,” kata Dr. Itzhak Fried, seorang profesor bedah saraf di University of California, Los Angeles seperti yang dikutip Grid.ID dari Kompas.com.

Meski penelitian sebelumnya telah menunjukkan kurang tidur dapat mengganggu pengemudi layaknya alkohol, penelitian baru ini dapat menunjukkan bahwa kurang tidur dapat memperlambat daerah otak yang terlibat dalam persepsi visual dan ingatan.

(BACA: Jangan Cuma Termakan Harga Murah, Ini Dia Tips Beli Mobil Bekas Taksi)