Find Us On Social Media :

Upaya Sang Desainer untuk Promosikan Busana Etnik di Kalangan Millennials

By Fahrisa Surya, Rabu, 15 November 2017 | 23:30 WIB

Beberapa rancangan Ghea Panggabean | instagram Ghea Panggabean

Laporan Wartawan Grid.ID, Dinda Tiara Alfianti

Grid.ID - Banyak sekali kekayaan yang terdapat di Indonesia, termasuk juga dalam kain-kain hasil kerajinan dari para masyarakatnya.

Hal ini membuat para desainer kain etnik di seluruh Indonesia berlomba-lomba untuk menampilkan keunggulan kain khas Indonesia sebagai cara mempromosikan keindahan dan pesonanya ke segala kalangan, khususnya generasi muda.

Hal ini pula yang menjadi misi dari Ghea Panggabean seorang desainer yang selalu menyulap kain tradisional Indonesia menjadi busana siap pakai yang modern.

(BACA: Ini Cara Desainer Ghea Panggabean Sulap Kain Etnik Nusantara Menjadi Busana yang Indah)

"Sebenarnya kain tradisional banyak sekali ragamnya dengan motifnya yang cantik, tinggal kita sebagai desainer menemukan cara bagaimana membuat kain tersebut menjadi busana yang model dan motifnya disukai oleh para anak muda zaman sekarang," kata Ghea saat ditemui Grid.ID di acara Indocraft Indonesia Ethnic Fashion Week pada hari Rabu (15/11), di Asembly Hall JACC Senayan Jakarta.

Sebagai desainer hal yang perlu dilakukan oleh Ghea Panggabean agar karyanya diterima adalah dengan cara mengikuti tren apa yang sedang marak dan disukai pada saat itu.

(BACA: Tampil Manis dan Kekinian, Gaya Busana Kekasih Randy Martin, Cassandra Lee Ini Bisa Jadi Inspirasi Buat Nge-date Bareng Pacar loh)

"Saya justru harus melihat apa yang disukai oleh anak muda zaman sekarang dan menerjemahkan apa yang saya lihat menjadi busana yang disukai oleh anak muda. Seperti mengubah kain etnik menjadi celana model legging atau bomber jaket yang sekarang jadi selera para anak muda," jelas Ghea.

Melalui busana pula seorang Ghea Panggabean dapat menceritakan bagaimana sebenarnya kekayaan yang ada di Indonesia.

Dan hal itu terbukti kini Ghea berhasil memasarkan karya busananya bukan hanya di pasar Nasional tapi juga sampai ke Internasional. (*)