Find Us On Social Media :

5 Tanda yang Menentukan Lahirnya Grup Besar K-Pop

By Siti Nur Qasanah, Minggu, 3 Maret 2019 | 18:42 WIB

Blackpink

Laporan Wartawan Grid.ID, Siti Nur Qasanah

Grid.ID - Setiap tahun, selalu ada grup K-Pop yang melakukan debut dengan membawa harapan besar akan popularitas.

Tetapi, sebuah popularitas tentu tidak mudah untuk didapat.

Dilansir dari Soompi.com pada Minggu (3/3/2019), berikut 5 faktor kunci yang bisa membuat grup baru mendapatkan popularitas yang tinggi atau biasa disebut Monster Rookies.

Baca Juga : Tak Pakai Nama Asli, Berikut Makna Menarik Nama Panggung 16 Idola KPop

Kesuksesan di Acara Musik dan Tangga Lagu (Music Show and Streaming Chart Success)

Saat ini, tidak mudah bagi lagu-lagu baru untuk memasuki tangga lagu.

Hal ini dikarenakan banyaknya penyanyi yang sudah memiliki fandom kuat, serta populernya beberapa OST drama.

Namun, di tengah kompetisi yang ketat ini, ada beberapa kelompok rookie yang mampu mencapai puncak dengan album debut mereka.

Grup seperti BLACKPINK, Wanna One, dan ITZY mampu mendapatkan kesuksesan di tangga lagu dengan album debut mereka, serta bercokol sebagai grup rookie yang diperhitungkan.

Baca Juga : Diperiksa Polisi 8,5 Jam, Hasil Awal Tes Narkoba Seungri BIGBANG Negatif

Jumlah Penayangan Video Musik (Music Video Views)

Hal yang tidak kalah penting adalah jumlah penayangan video musik.

Sebagian besar video musik grup idola hanya akan mendapatkan ratusaan atau jutaan penayangan.

Tetapi, sepertinya hal itu tidak berlaku bagi para monster rookie.

Baca Juga : Tiket Konser Ludes Dalam 90 Menit, BTS Akan Gelar Konser Tambahan Di Eropa dan Amerika Serikat

Dengan relatif mudah mereka bisa mendapatkan 10 juta penayangan untuk lagu debut mereka.

Seperti contohnya video musik 'BOMBAYAH', 'Playing with Fire' dan 'Whistle' milik BLACKPINK, semuanya bisa mencapai 100 juta penanyangan hanya dalam delapan bulan setelah debut mereka.

Jumlah Penjualan Album (Album Sales)

Penjualan album merupakan faktor penting dalam menentukan pemasaran grup.

Karenanya, grup mana pun yang mampu menembus daftar sepuluh besar penjualan tertinggi di minggu pertama (album yang terjual pada minggu pertama rilis) dapat disebut sebagai monster rookie.

Album debut IZ*ONE "COLOR*IZ" terjual total 192.738 eksemplar, membuat rekor baru untuk album debut terbanyak yang dijual untuk grup wanita di minggu pertama perilisan.

Album debut Wanna One terjual lebih dari 500.000 pre-order, membuat mereka mendapatkan tempat sebagai grup idola teratas.

Baca Juga : Rahasia Beberapa Artis Kpop Buat Mendapatkan Kulit yang Flawles!

Kepopuleran di Luar Negeri (Overseas Popularity)

Seiring K-Pop yang terus mendunia, penerimaan sebuah grup baru di luar negeri menjadi sangat penting.

Grup mana pun yang berpotensi menjadi monster rookie akan diperhatikan oleh fandom internasional dan pers.

Sebut saja TXT, ketika video pengantar untuk anggota pertama dirilis, video itu mencetak sejuta penayangan hanya dalam waktu tiga jam.

Kebanyakan monster rookies juga unggul di tangga lagu luar negeri dan mendapatkan popularitas di kalangan penggemar internasional juga.

Baca Juga : Ikuti Jejak Sky Castle, JTBC akan Suguhkan Drama Sekolah Beautiful World

Ukuran Konser dan Acara Berbayar (Size of Concerts and Paid Events)

Setelah semua persyaratan sebelumnya telah dipenuhi, konser dan acara berbayar adalah hal yang sebenarnya menjadi penilaian bagi popularitas sebuah grup.

iKON menjadi topik hangat ketika mereka mengadakan showcase debut mereka di KSPO Dome (sebelumnya Olympic Gymnastics Arena), yang sebelumnya merupakan tempat konser terbesar di Korea sebelum Gocheok Dome dibangun.

Kemudian, Wanna One mengadakan show-con debut mereka di Gocheok Dome pada tahun 2017. (*)