Find Us On Social Media :

Dear Millenials, Ini loh Etika Berkomunikasi Zaman Now yang Harus Kalian Tahu

By Nindya Galuh Aprillia, Sabtu, 23 Desember 2017 | 01:45 WIB

Etika-etika ini harus diterapkan saat menggunakan gadget kalian

Laporan Wartawan Grid.ID, Andika Thaselia Prahastiwi

Grid.ID - Zaman sekarang nggak ada yang bisa lepas dari gadget!

Gadget sekarang ini sudah jadi barang wajib, apalagi buat para millenial.

Smartphone, tablet, dan laptop adalah gadget yang paling umum digunakan masyarakat.

Gadget memudahkan kita untuk mencari informasi dan berkomunikasi.

( BACA JUGA: Hari Ibu, Ringgo Agus Rahman Cari Jodoh Buat Bjorka, Begini Tanggapan Ibu-ibu di Instagramnya, Kocak! )

Jarak yang jauh bisa teratasi lewat komunikasi yang semakin mudah.

Komunikasi pun bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Bisa lewat telepon langsung, e-mail, instant messenger, bahkan media sosial.

Sayangnya, beberapa orang belum tahu etika berkomunikasi era sekarang.

( BACA JUGA: Sering Diomeli Istri, Suami Pergi Dari Rumah dan Tinggal di Bandara Selama 10 Tahun )

Kalian udah tahu belum?

Kalau belum, ada baiknya kalian menyimak aturan etika berkomunikasi era digital yang dilansir Grid.ID dari Reader's Digest berikut ini.

1. Mengirim ucapan terima kasih

Banyak yang masih bingung soal etika berterimakasih di era digital.

( BACA JUGA: Masih Berduka, Taeyeon SNSD Persembahkan Pesan Mengharukan Buat Jonghyun di Konsernya )

Yang jelas, mengucapkan terima kasih adalah hal yang baik dilihat dari segi manapun.

Tapi kita tetap harus tahu bagaimana cara berterima kasih yang baik.

Mengirimkan e-mail ucapan terima kasih ternyata hal yang kurang tepat loh.

Banyak orang yang beranggapan bahwa e-mail merupakan sebuah pesan yang penting.

( BACA JUGA: Selain Ibunya, Raisa Juga Ucapkan Selamat Hari Ibu Untuk Sosok Ini )

Biasanya berisi soal dokumen, surat, atau ha-hal yang memang perlu dibicarakan.

Mengirimkan e-mail ucapan terima kasih dianggap sebuah pemborosan karena biasanya orang nggak akan menanggapinya lebih lanjut.

Selain itu, e-mail ucapan terima kasih juga hanya akan memenuhi kotak masuk si penerima.

Lain halnya kalau kita bercakap-cakap melalui obrolan instant messenger seperti WhatsApp, LINE, Facebook Messenger, BBM, dan lain-lain.

( BACA JUGA: Review: Inilah Moto G5 Plus 2, Ponsel Dengan spesifikasi Terlengkap di Tahun 2017 )

Kita boleh mengucapkan terima kasih ketika sedang berada di ruang obrolan aplikasi tersebut.

2. Gunakan direct messages untuk mengobrol

Nah ini nih yang sering dilanggar para pengguna media sosial.

Mengobrol langsung di timeline akan membuat orang lain risih dengan kelakuan kalian loh.

( BACA JUGA: Keluarga Tak Terima Pasien Meninggal, Dokter Diarak Keliling Rumah Sakit )

Apalagi kalau obrolannya bersifat pribadi.

Lebih baik gunakan direct messages kalau ingin mengobrol di Instagram, Twitter, ataupun Facebook.

Selain lebih leluasa, privasi kalian pun akan lebih terjaga.

3. Etika bertelepon

( BACA JUGA: Awas Ngiler, Ini Dia Tren Makanan Terbaik di 2017, Mana yang Jadi Favoritmu? )

Saat ada orang lain yang mengobrol denganmu, jangan pernah mengangkat telepon atau melakukan kegiatan lain yang berhubungan dengan gadget ya!

Ini dianggap benar-benar nggak sopan.

Berikan perhatian penuh kepada mereka.

Karena ketika kalian nggak memperhatikan, mereka akan merasa tidak dihargai.

( BACA JUGA: Tio Pakusadewo Ditangkap Karena Narkoba: Saya Menyesal... )

4. Jangan terus-menerus mengecek ponsel

Duh, jangan sampai deh kalian ngecek ponsel terus-menerus.

Apalagi kalau sedang berbicara dengan orang lain.

Bahkan, menengok sekilas pun sebenarnya sudah nggak sopan.

( BACA JUGA: Diisukan Bercerai Dengan Taqy Malik, Salma Fina Ungkap Sosok yang Selama Ini Menguatkannya )

Notifikasi di smartphone kalian kan bisa menunggu untuk dibuka nanti.

Kecuali penting banget, usahakan jangan cek ponsel kalian terus-terusan ya.

5. "Lagi sibuk nggak?"

Ketika kalian memulai obrolan di instant messenger, usahakan menanyakan kondisi orang tersebut.

( BACA JUGA: 7 Destinasi Wisata Terhoror Ini Bisa Jadi Alternatif Liburan Akhir Tahun yang Menegangkan, Ssstt... Ada Gerbang Neraka Juga Lho! )

Mungkin terdengar basa-basi, tapi ini penting loh.

Siapa tahu orang yang sedang kalian ajak mengobrol lagi sibuk.

6. Numpang WiFi

Saat seseorang menyetel WiFi mereka dengan opsi publik, maka semua orang bisa ikut menikmati fasilitas tersebut.

Boleh sih sekali-sekali numpang.

( BACA JUGA: Banyak yang Belum Tahu, Inilah 4 Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Password Manager )

Tapi kalian juga harus tahu diri ya.

Menumpang WiFi orang mungkin tidak akan menimbulkan kerugian yang besar.

Tapi tetap saja kalian sedang memakai fasilitas orang lain.

Atau kalian bisa minta izin terlebih dahulu agar kedepannya bisa berjalan baik.

( BACA JUGA: Menyentuh dan Bikin Haru, Beginilah Uniknya Perayaan Hari Ibu di Berbagai Belahan Dunia )

7. Konfirmasi secepatnya

Pernah dapat undangan online?

Atau setidaknya ajakan di grup untuk nongkrong?

Jangan biasakan nggak membalas obrolan yang ditujukan padamu ya, apalagi kalau itu adalah undangan.

( BACA JUGA: Malas Hadapi Macet Saat Liburan? Tak Perlu Jauh-jauh, Cukup di Rumah dan Ajak Si Kecil Nonton 5 Film Ini )

Respon undangan tersebut secepatnya.

8. Jangan pamer!

It's a huge NO!

Jangan sering memamerkan barang kalian di media sosial ya.

( BACA JUGA: Dikabarkan Meninggal dan Dikubur 7 Bulan Lalu, Tiba-tiba Pria Ini Kembali ke Rumah )

Pamer hanya akan bikin orang disekitar kalian risih.

Daripada pamer barang, lebih baik kalian pamer prestasi yang bisa membuat orang lain ikut bangga.

9. Etika membicarakan urusan kantor

Saat sedang jam kerja, silakan bicara urusan kantor dengan rekan kerja atau atasan.

( BACA JUGA: Mendapat Kekerasan dari Suami, Istri Bunuh Diri Dengan Lompat dari Jendela Lantai 4 Bersama Bayinya )

Tapi kalau sudah waktunya pulang kerja, jangan bicarakan urusan pekerjaan ya.

Biarkan orang lain beristirahat.

Kalian juga butuh istirahat kan?

Pastikan kalian menjaga sopan santun dalam setiap interaksi dengan orang lain ya.

( BACA JUGA: Canggih, Sepatu Laser Ini Disebut Sebagai Solusi Penderita Parkinson, Gimana Cara Kerjanya tuh? )

Sopan santun adalah kunci utama komunikasi yang lancar.

Jangan lupa terapkan etika-etika tadi sesuai dengan tempatnya.

(*)