Laporan Wartawan Grid.ID, Dewi Lusmawati
Grid.ID – Tiga hotel terkenal di Tiongkok telah gagal dalam pemeriksaan kebersihan dasar.
Hal ini terjadi setelah staf kebersihan hotel mereka ketahuan menggunakan sikat yang sama untuk membersihkan WC, wastafel dan bahkan peralatan masak.
Dilansir Grid.ID dari The Star, beredar video rekaman petugas kebersihan hotel di Tiongkok menggunakan sikat WC untuk memebersihkan berbagai peralatan di hotel.
Pengawas kota untuk kebersihan, pariwisata, keamanan makanan dan obat-obatan di Harbin, provinsi Heilongjiang, Tiongkok mengkonfirmasi bahwa penyidik ??telah menyatakan video yang beredar di situs Pear Video adalah asli.
Video tersebut diunggah pada 26/12/2017.
Pihak hotel telah diperingatkan untuk memastikan hal itu tidak terjadi lagi.
Staf kebersihan di tiga hotel di kota, yakni hotel Sheraton, Shangri-La, dan Kempinski terekam melanggar standar proses kebersihan kamar pengunjung.
Mereka terekam video membersihkan kamar dengan sikat WC.
Mereka juga mencuci handuk di toilet sebelum menggunakannya untuk membersihkan lantai.
(BACA: Tak Cuma di Jepang, Hotel Kapsul Ternyata Ada Juga di Mojokerto loh! Lihat Bentuknya, Keren Banget!)
Bahkan staf kebersihan di hotel Sheraton direkam menggunakan sikat yang sama untuk membersihkan baskom air dan toilet.
Staf kebersihan di ketiga hotel tersebut telah mengeluhkan beban kerja mereka yang berat.
Video itu diambil dengan kamera tersembunyi oleh reporter Pear Video yang bekerja di hotel sebagai karyawan magang.
Harga per malam sebuah kamar di tiga hotel itu berkisar antara 700 yuan sampai 2.700 yuan atau sekitar 1,5 hingga 5,5 juta Rupiah.
Setelah melakukan inspeksi bersama, pihak berwenang kota telah mengkonfirmasi keabsahan laporan tersebut.
(BACA: Kasur di Kamar Hotel Penuh Darah, Astaga, Mahasiswi Asal Ponorogo Ternyata Lakukan Hal Nekat ini)
Mereka telah memberi tahu tiga hotel untuk mengatasi masalah ini.
Mereka juga dikatakan telah didenda namun tidak ada rincian lebih lanjut.
Pihak hotel Kempinski mengungkapkan penyesalan atas insiden tersebut, dan mengatakan akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mencegahnya terjadi lagi.
Hal senada juga disampaikan pihak hotel Shangri-La, mereka menyatakan bahwa mereka telah memulai melakukan penyelidikan internal.
Namun hingga berita ini diturunkan, pihak hotel Sheraton belum menanggapi hal tersebut.(*)