Find Us On Social Media :

Karena Desain Tulisan di Kaos Ini, Akhirnya H&M Meminta Maaf

By Alfa Pratama, Rabu, 10 Januari 2018 | 20:01 WIB

Hennes & Mauritz AB atau H&M adalah perusahaan multinasional yang memproduksi busana, didirikan pada tahun 1947 dan bermarkas di Stockholm.

Grid.ID - Ritel busana H&M sempat mengeluarkan sebuah iklan yang dinilai rasial.

Akhirnya ritel asal asal Swedia ini meminta maaf setelah mengunggah iklan daring yang menampilkan seorang anak berkulit hitam sebagai model sweater dengan tulisan di dada, “Coolest Monkey in the Jungle”.

“Kami dengan tulus meminta maaf karena menyinggung orang dengan gambar sweater ini."

"Gambar tersebut telah dihapus dari semua ritel pembelian daring dan tidak akan dijual di Amerika Serikat,” tulis H&M dalam siaran pers kepada Fox News.

(Viral di Medsos, Aplikasi Face App Dituding Rasis)

“Kami percaya pada keberagaman dan keberpihakan dalam semua yang kami lakukan. Kami pun akan meninjau ulang kebijakan internal untuk menghindari masalah serupa pada masa mendatang.”

Gelombang kemarahan atas iklan tersebut mencuat pada Minggu waktu setempat setelah pengguna media sosial melihat bahwa situs H&M Inggris mengunggah iklan sweater tersebut.

Ditambah lagi, sweater serupa dengan tulisan berbeda, diiklankan oleh model anak kulit putih.

Netizen pun mempersoalkan tulisan “survival expert” dan “junior tour guide” pada sweater yang kenakan bocah kulit putih.

(Inilah 5 Fakta Pelaku Video Porno Anak SD, Salah Dua Pelakunya Adalah Orang Tua Korban)

Pengguna media sosial di Twitter pun menuduh ritel busana tersebutrasial—bahkan H&M disebut menggaruk keuntungan dari serangan publik dalam kasus ini.

Di sisi lain, ada beberapa orang yang menyuarakan pembelaan.