Find Us On Social Media :

Jajal All New Toyota Rush TRD Sportivo M/T, Perhatikan Ini Saat Menjajah Jalur Lawas ke Bandung

By Octa Saputra, Jumat, 19 Januari 2018 | 23:45 WIB

Jalur lawas menuju Bandung dari Jakarta via Subang, menantang all New Toyota Rush

Grid.ID - Bersama dengan beberapa rekan media cetak maupun online, Grid.ID dapat kesempatan jajal All New Toyota Rush (17-18/1/2018)

PT Toyota Astra-Motor yang lepas kunci, hanya menentukan rute perjalanan test drive start dari Purwakarta, Subang, Lembang dan finis Bandung, Jawa Barat.

Lepas kunci yang dimaksud, nggak ada pengawalan khusus buat para peserta.

Sehingga kondisi jalanan normal yang ada dalam rute tersebut yang harus dilewati peserta test drive.

Ada 8 unit All New Toyota Rush tipe TRD Sportivo disiapkan, dengan komposisi 4 unit transmisi manual dan 4 unit yang pakai transmisi otomatis.

Oh ya, untuk yang tipe ini All New Toyota Rush dibanderol Rp 251,3 juta (M/T) dan Rp Rp 261,3 juta (A/T).

Dibandingkan dengan tipe yang sama generasi sebelumnya, banderol All New Rush lebih murah.

(BACA : Model Tertinggi Toyota All New Rush Dibanderol Lebih Murah Dari Generasi sebelumnya, Ini Harga Lengkapnya)

Info buat harga Toyota Rush generasi sebelumnya Rp 254, 55 juta (M/T) dan Rp 267,85 juta (A/T).

Balik lagi ke test drive All New Toyota Rush Purwakarta ke Bandung, via Subang dan Lembang.

Rute test drive All New Toyota Rush ini merupakan salah satu jalur lawas menuju ke Bandung dari Jakarta.

Buat yang sudah pernah menjelajahi rute perjalanan tersebut, pastinya tahu bagaimana menantangnya kawasan tersebut.

Tapi buat yang belum pernah ke Bandung via Subang, sekilas infonya dalam perjalanan banyak dijumpai kendaraan besar yang berjalan pelan.

Selain itu juga angkutan umum yang seenak udelnya sendiri berhenti, baik mau mengangkut penumpang maupun menurunkan penumpang.

Belum lagi kalau jamnya pas dengan buruh parbik lagi makan siang, sesuatu banget deh.

Kondisi jalanan yang seperti itu, baru bisa bikin nafas lega setelah masuk kota Subang dan menuju ke Lembang.

(BACA : Pemilik Toyota All New Kijang Innova Umbar 3 Hal Ini, Salah Satunya Soal Pemakaian Bahan Bakar)

Situasi jalanan selanjutnya, akan banyak dijumpai jalanan menanjak dan beruntungnya test drive dilakukan weekday.

Jadinya terhindar dari kemacetan jalan raya, yang setiap weekend selalu melanda kawasan tersebut.

Perjalanan hari pertama test drive All New Toyota Rush day 1, Grid.ID dapat kesempatan mencicipi All New Toyota Rush tipe TRD Sportivo bertransmisi M/T.

Kebayang deh, pakai mobil bertransmisi manual dengan kondisi jalanan yang mesti stop and go seperti rute Purwakarta ke Subang.

Tapi banyangan pegal di kaki kiri gegara harus stop and go dengan All New Toyota Rush yang transmisi manual, langsung sirna.

Itu karena saat pedal kopling diinjak terasa enteng dan nggak hanya itu saja, kemudi yang pakai teknologi EPS (Electronic Power Steering) jadi terasa enteng.

Sangat membantu sekali bagi pengendara yang acap kali kena situasi macet atau yang lainnya.

Semua tipe all New Toyota Rush, sudah menyandang beberapa fitur keselamatan bagi pengendara maupun penumpang.

Diantara airbag 6 titik, Solid Vihicle Stability Control yang membuat kendaraan tetap stabil juga terkontrol, saat ban depan atau belakang alami slip saat menikung, savety belt 7 titik dengan 7

indikator, Anti-Lock Braking system, Secured Hill-Start Assist dan Emergency Brake Signal.  

Kita tinggalkan jalur menuju Subang dan sekarang waktunya merasakan jalur menuju kawasan Lembang yang sebagian besar tanjakan dan sesekali harus menikung tajam.

(BACA : Penumpang Maskapai Malaysia Tulis Surat Terbuka, Merasa Jijik Saat Melihat Rok Pendek yang Dipakai Pramugari)

Dengan fitur keselamatan yang sudah disematkan, perjalanan jadi terasa lebih aman dan nyaman.

Kalau perjalanan menanjaknya dalam kecepatan konstan, nggak ada kendala yang berarti untuk All New Toyota Rush.

Namun saat diharuskan stop and go kerena situasi jalanan, maka butuh kepiawaian seorang pengemudi.

Maksudnya bukan piawai seperti pembalap-pembalap mobil yang biasa ngebut di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Hanya putuh kepiawaian pengemudi, untuk mengatur ritme dari putaran mesin 2NR-VE yang memiliki kapasitas mesin 1.500 cc.

Melibas tikungan tajam di trek menuju Bandung dari Lembang, All New Toyota Rush terasa stabil meski jadi penumpang yang duduk di row 2.

Stabilnya All New Toyota Rush, berkat adanya penambahan perangkat stabiliser pada suspensi belakang yang nggak ada pada generasi sebelumnya.

Perjalanan sampai Bandung dengan All New Toyota Rush nggak ada kendala yang berarti.

Hanya mungkin bagi beberapa orang, butuh penyesuaian dengan kemudi yang terasa enteng karena sudah pakai EPS.

Day 2 test drive, All New Toyota Rush akan membelah jalanan di Bandung sebelum kembali ke Jakarta. C U besok ya.(*)