Grid.ID - Media sosial kini hadir sebagai sebuah candu bagi masyarakat.
Tiada hari tanpa membuka media sosial mungkin jadi potret nyata.
Hal itu akhirnya membuat masing-masing media sosial berlomba menambah fitur baru bagi penggunanya, termasuk Twitter.
Proses mengunggah video di Twitter selama ini terbilang kurang praktis.
Pengguna harus memilih penulisan tweet baru (compose), klik tombol kamera, merekam tombol record untuk rekam video (atau foto), lalu tekan “tweet” untuk mengunggah.
(BACA : Menurut Sebuah Firma Riset Terkemuka, Canalys, Xiaomi Berhasil Kalahkan Samsung di India)
Ke depan, mungkin proses tersebut bakal disederhanakan.
Twitter kabarnya sedang mengembangkan fitur penggunggah video yang lebih simpel, mirip Snapchat.
Dengan mempermudah proses mengunggah video, Twitter berharap bakal mendorong penggunanya untuk lebih rajin berbagi video tentang segala sesuatu yang terjadi di sekitar.
Dilansir Grid.ID dari Kompas.com, menurut keterangan sumber internal yang dirangkum KompasTekno dari Bloomberg, Jumat (26/1/2018), pihaknya mengharapkan proses upload video yang lebih simpel bisa menarik lebih banyak pengguna Twitter.
Masih belum diketahui seperti apa persisnya fitur upload video baru di Twitter ini nantinya.
(BACA : Sadar Nggak Sih? Selama Ini Instagram Telah Banyak Mengubah Aspek-aspek di Kehidupan Kita Loh!)
Demikian juga waktu debutnya yang masih belum jelas, hanya disebut akan hadir dalam “beberapa bulan ke depan”.
Beberapa waktu lalu CEO Twitter Jack Dorsey memang sempat memuji aplikasi Snapchat dengan menyebutnya “sangat modern”.
Pengguna Snapchat bisa melihat foto dan video kiriman teman atau konten dari partner media hanya dengan sebuah sapuan jari.
Sebaliknya dari Snapchat, Dorsey juga mengaku bahwa aplikasi Twitter bisa “membingungkan” bagi sebagian pengguna.
Ucapannya itu boleh jadi merupakan indikasi bahwa Twitter bakal meniru Snapchat.
Sebelum Twitter, fitur Stories Snapchat telah lebih dulu terang-terangan dijiplak oleh Facebook dan dua layanan lain yang dimilikinya, yakni Instagram dan WhatsApp.
Ironisnya, fitur Stories di Instagram malah menjadi lebih populer dengan 300 juta pengguna aktif harian per November lalu, dibandingkan Snapchat yang memiliki 173 juta pengguna aktif harian secara keseluruhan.
(Artikel ini pernah tayang di Kompas.com dengan judul : "Setelah Instagram dan Facebook, Giliran Twitter Tiru Snapchat?")