Find Us On Social Media :

4 Cara Agar Kamu Jadi Lebih Produktif di Jam Pertama Kerja

By Fahrisa Surya, Rabu, 28 Maret 2018 | 17:02 WIB

Tetap jadi produktif di jam pertama kerja dengan 4 tips berikut ini | rd.com

Laporan Wartawan Grid.ID, Andika Thaselia Prahastiwi

Grid.ID - Pagi-pagi saat harus berangkat kantor, kadang kamu masih merasa ngantuk banget kan?

Si kantuk ini memang nyebelin banget.

Dia bisa bikin jam-jam pertama kerja kamu jadi kurang produktif.

Belum lagi dengan godaan buat bergosip dulu dengan sesama rekan kerja.

(BACA: Sudahkah Tempat Kerjamu Menerapkan Kesetaraan Gender?)

Secara alami, manusia memang butuh "pemanasan" sebelum tubuh siap melakukan tuntutan kerja.

Tapi kita nggak akan pernah tahu, kapan mesin di tubuh kita mulai panas dan siap untuk menghajar setumpuk pekerjaan di meja.

Nah, biar jam-jam awal kantormu jadi lebih produktif, kamu bisa coba terapkan 4 tips simpel dari Reader's Digest berikut ini.

1. Sarapan sebelum berangkat kantor

Kamu pasti sudah bosan dengar ungkapan pentingnya sarapan di pagi hari.

Walaupun cuma sekadar makan roti panggang dengan segela susu hangat, sarapan adalah modal awal dalam memulai aktivitas.

Sarapan sambil bekerja?

No, sarapan sambil bekerja justru bikin kamu akan lebih nggak fokus dan akhirnya lebih lama memulai pekerjaan.

(BACA: Penerimaan Polri Dibuka Hanya 17 Hari, Ikuti Syarat dan Tata Cara Resminya)

2. Bikin to-do list

Walaupun kelihatannya sepele, to-do list bisa membuat pekerjaan kamu jadi lebih terkontrol.

Plus, kamu jadi bisa lihat progressmu selama bekerja.

Urutkan to-do list dari yang ringan ke berat, lalu ringan lagi.

Ini untuk menghindari kebosanan dan jenuh di ujung hari.

3. Mulai dengan pekerjaan yang bikin kamu kepikiran terus

Kepikiran dengan laporan yang sampai sekarang belum selesai?

Kalau gitu, coba kerjakan tugas itu terlebih dahulu.

Mengerjakan tugas yang sudah bikin kamu kepikiran sedari lama akan membuat mesin tubuh kamu jadi lebih cepat "panas" dan siap bekerja.

Selain itu, setelah beban pikiran kamu mulai berkurang, kamu jadi lebih fokus mengerjakan pekerjaan lainnya.

(BACA: Salut, Komputer di Negara Ini Akan Otomatis Mati Agar Karyawannya Pulang Lebih Awal)

4. Matikan notifikasi ponsel

Ponsel adalah pengganggu utama di pagi hari.

Saat baru duduk di kursimu, kamu pasti tergoda untuk scrolling Instagram terlebih dahulu kan?

Belum lagi kalau ada notifikasi pesan instan dari grup atau gebetan, makin nggak fokus!

Singkirkan dulu ponsel kamu dan coba niatkan dalam hati untuk memulai pekerjaan lebih cepat.

Niat memang jadi faktor utama dalam menentukan produktivitas kerjamu hari ini.

So, coba terapkan 4 tips simpel tadi sebelum kamu keburu malas di kantor ya! (*)