Find Us On Social Media :

Bos Minta Kamu untuk Kerja dari Rumah? Ini 7 Cara yang Bisa Memacu Semangatmu

By Devi Agustiana, Senin, 16 Maret 2020 | 20:58 WIB

Tips memacu semangat bekerja di rumah.

Laporan wartawan Grid.ID, Devi Agustiana

Grid.ID – Bekerja di rumah menjadi pilihan tepat untuk saat ini.

Beberapa perusahaan telah menerapkan work from home (WFH) menyusul semakin maraknya penyebaran covid-19.

Meski hanya berlangsung sekitar dua pekan, namun kenyamanan dalam menyelesaikan pekerjaan di rumah tetap penting. 

Baca Juga: Dorong Stroller Sambil Fashion Show, Tasya Kamila Tak Malu Tampil di Kerumunan Orang Bak Model Papan Atas

Jangan sampai kamu terlena dengan fleksibilitas waktu yang kamu gunakan di rumah.

Untuk mendukung WFH tersebut, kamu memerlukan ruang kerja yang kreatif.

Dengan begitu, saat kamu melihatnya, maka semangat kerja akan memuncak dan membuat semakin produktif.

Baca Juga: Cegah Terinfeksi Virus Corona, Presiden Jokowi Gelar Rapat dengan Menteri Lewat Konferensi Video

Beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memacu semangat bekerja di rumah, antara lain:

  1. Jangan terlalu nyaman

Seorang desainer bernama Clive Wilkinson mengatakan bahwa menggunakan kursi yang terlalu empuk atau menaruh sebuah sofa nyaman di ruang kerja dapat memengaruhi produktivitas.

Sebagai penggantinya, kamu bisa letakan rak buku atau papan catatan dinding di salah satu sisi ruangan.

  1. Pilih perabotan yang fleksibel 

Kamu mungkin menginginkan ruang kerja di rumah terasa benar-benar seperti di kantor.

Namun, yang terus perlu kamu ingat adalah tujuan bekerja di rumah adalah agar semuanya berjalan nyaman dan mudah.

Jangan membeli perabotan yang terlalu besar dan berat, karena hal ini dapat menghalangimu untuk mendekorasi ulang ruangan saat sudah bosan.

Kamu bisa gunakan kursi ringan, meja yang tidak terlalu besar, dan perabotan yang bisa dibongkar pasang dengan mudah.

  1. Tata meja dengan baik

Membiarkan meja penuh dengan kertas adalah sebuah kesalahan.

Kamu harus bisa menyusun barang-barang dengan cermat.

Letakanlah dokumen dan alat tulis pada tempatnya.

  1. Berikan sentuhan personal

Barang-barang kesukaan dipercaya bisa menjadi penyemangat tersendiri, termasuk bagi kamu yang berkerja di rumah.

Meletakan koleksi foto idola atau foto keluarga berukuran kecil di rak meja kerja mungkin terkesan tidak professional.

Namun, sentuhan personal dari barang-barang kesukaan juga bisa memantik semangat kerja.

Tidak ada salahnya juga mengajak serta kucing kesayangan dengan meletakan kandangnya di sisi meja.

  1. Beli kursi yang tahan lama

Kalau aktivitas harianmu banyak menggunakan kursi, saatnya menggunakan produk kursi yang berkualitas dan nyaman. 

Karena kursi berkualitas adalah investasi penting, karena bisa dipindahkan ke spot yang lain jika diperlukan nanti.

  1. Jangan lupakan pemandangan alami

Beberapa pekerja mengaku lebih bersemangat saat ruang kerjanya menghadap ke jendela.

Selain bisa menikmati hembusan angin dan cahaya matahari, kamu juga bisa melihat pemandangan dari luar.

Selain itu, kamu juga merasa terhubung dengan lingkungan sekitar yang tidak hanya bisa memperbaiki mood, tetapi juga produktivitas.

Bonusnya ketika hujan, kamu bisa menyelesaikan pekerjaan sembari menyaksikan tetesan air hujan di luar.

  1. Tempatkan gadget di tempat yang tepat

Menempatkan gadget secara khusus di meja kerja akan membuat kamu mudah mencarinya.

Kamu pun akan fokus bekerja dan tidak akan teralihkan bermain gadget saat jam kerja.

Hal itu akan membuatmu lebih produktif.

(*)