Find Us On Social Media :

Menangkap Peluang Jadi Kreator Konten Layaknya Artis yang Sedang Ramai di Youtube

By Nana Triana, Senin, 6 Juli 2020 | 14:27 WIB

Ilustrasi seseorang sedang memanfaatkan fitur kamera di ponsel pintarnya.

Grid.ID - “Jangan lupa like, subscribe, dan comment ya..”. Kalimat tersebut rasanya sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Terutama, Anda yang gemar menonton konten-konten vlog di YouTube. Pasalnya kalimat tersebut selalu menjadi penutup hampir semua vlog yang dibuat oleh kreator konten.

[Sumber] Vlog merupakan singkatan dari video blog. Isi vlog sama seperti blog yaitu merekam pemikiran, opini, hingga pengalaman pembuatnya. Namun bedanya, jika dalam blog semua itu direkam dalam bentuk tulisan, vlog berformat video.

Vlog mulai populer di Indonesia pada 2018 dan kini jumlahnya semakin masif. Bahkan para selebritis pun, memanfaatkan kepopuleran mereka, juga turut serta membuat konten-konten vlog.

Isinya beragam, mulai dari kegiatan sehari-hari atau pengalaman liburan yang sering disebut one day vlog, tips kecantikan, prank, konten-konten ringan seperti tahapan persiapan sebelum pergi berkegiatan yang biasa disebut Get Ready with Me (GRWM), hingga review barang belanjaan atau sering disebut shopping haul.

Baca Juga: Gebrak Pasar Ponsel Indonesia, Sharp Luncurkan Smartphone Teringan di Dunia, Intip Keunggulannya Dibanding yang Lain!

Saat ini di Indonesia setidaknya ada beberapa selebritis yang sukses menapaki jalur kreator konten. Mengutip dari Kompas.com (21/10/2019), di Indonesia ada 5 akun YouTube milik kreator konten Indonesia yang mendulang penghasilan tinggi.

Dua di antara lima akun tersebut milik selebritis, yaitu akun milik komika Raditya Dika dan Rans Entertainment yang jadi rumah vlog milik pasangan selebritis Raffi Ahmad-Nagita Slavina.

Melansir data Social Blade, pada 2020 satu lagi akun milik kreator konten selebritis menyusul Rans Entertainment yaitu akun YouTube Baim Paula.

Diperkirakan penghasilannya mencapai 59.300 dollar AS hingga 949.100 dollar AS atau setara Rp 830,20 juta sampai Rp 13,29 miliar per bulan.

Baca Juga: 10 Kesalahan Saat Mengisi Daya Handphone ini Justru Bikim Baterai Cepat Boros

Peluang menjadi kreator konten

Peluang menjadi kreator konten dan memperoleh penghasilan dari monetisasi akun YouTube tidak hanya dimiliki oleh selebritis. Kepopuleran vlog dan jumlah subscriber bisa dibangun perlahan, asalkan konten diproduksi dengan baik.