Find Us On Social Media :

Menangkap Peluang Jadi Kreator Konten Layaknya Artis yang Sedang Ramai di Youtube

By Nana Triana, Senin, 6 Juli 2020 | 14:27 WIB

Ilustrasi seseorang sedang memanfaatkan fitur kamera di ponsel pintarnya.

Grid.ID - “Jangan lupa like, subscribe, dan comment ya..”. Kalimat tersebut rasanya sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Terutama, Anda yang gemar menonton konten-konten vlog di YouTube. Pasalnya kalimat tersebut selalu menjadi penutup hampir semua vlog yang dibuat oleh kreator konten.

[Sumber] Vlog merupakan singkatan dari video blog. Isi vlog sama seperti blog yaitu merekam pemikiran, opini, hingga pengalaman pembuatnya. Namun bedanya, jika dalam blog semua itu direkam dalam bentuk tulisan, vlog berformat video.

Vlog mulai populer di Indonesia pada 2018 dan kini jumlahnya semakin masif. Bahkan para selebritis pun, memanfaatkan kepopuleran mereka, juga turut serta membuat konten-konten vlog.

Isinya beragam, mulai dari kegiatan sehari-hari atau pengalaman liburan yang sering disebut one day vlog, tips kecantikan, prank, konten-konten ringan seperti tahapan persiapan sebelum pergi berkegiatan yang biasa disebut Get Ready with Me (GRWM), hingga review barang belanjaan atau sering disebut shopping haul.

Baca Juga: Gebrak Pasar Ponsel Indonesia, Sharp Luncurkan Smartphone Teringan di Dunia, Intip Keunggulannya Dibanding yang Lain!

Saat ini di Indonesia setidaknya ada beberapa selebritis yang sukses menapaki jalur kreator konten. Mengutip dari Kompas.com (21/10/2019), di Indonesia ada 5 akun YouTube milik kreator konten Indonesia yang mendulang penghasilan tinggi.

Dua di antara lima akun tersebut milik selebritis, yaitu akun milik komika Raditya Dika dan Rans Entertainment yang jadi rumah vlog milik pasangan selebritis Raffi Ahmad-Nagita Slavina.

Melansir data Social Blade, pada 2020 satu lagi akun milik kreator konten selebritis menyusul Rans Entertainment yaitu akun YouTube Baim Paula.

Diperkirakan penghasilannya mencapai 59.300 dollar AS hingga 949.100 dollar AS atau setara Rp 830,20 juta sampai Rp 13,29 miliar per bulan.

Baca Juga: 10 Kesalahan Saat Mengisi Daya Handphone ini Justru Bikim Baterai Cepat Boros

Peluang menjadi kreator konten

Peluang menjadi kreator konten dan memperoleh penghasilan dari monetisasi akun YouTube tidak hanya dimiliki oleh selebritis. Kepopuleran vlog dan jumlah subscriber bisa dibangun perlahan, asalkan konten diproduksi dengan baik.

Berikut beberapa tips yang berhasil Grid.ID rangkum untuk kamu yang berminat menjadi kreator konten. 

Buat konten yang dipahami dan disukai

Sebelum terjun menjadi konten kreator, hal pertama yang harus dipersiapkan adalah konten apa yang ingin dibuat. Misalnya, konten kecantikan, gaya hidup, olahraga, atau sebuah perjalanan ke tempat wisata.

Sebaiknya pilih konten yang sesuai dengan hobi atau sesuatu hal yang Anda kuasai misalnya dalam memasak.

Baca Juga: Pantas Saja Jadi YouTuber dengan Pendapatan Tertinggi! Tak Disangka Ada Rahasia Ini di Balik Channel Baim Paula

Pasalnya, saat hendak membuat konten tentunya Anda menguasainya terlebih dahulu agar menghasilkan sebuah karya yang memuaskan bahkan bisa menginspirasi banyak orang.

Buat konten unik

Saat memulai menjadi konten kreator tentunya harus menciptakan sesuatu hal yang berbeda dari yang sebelumnya pernah ada, mengapa demikian? Karena, hal tersebut akan membuat brand image dan menjadikan Anda dikenal karena memiliki ciri khas unik.

Semakin unik konten yang Anda buat, bukan tidak mungkin akan ditonton dan diikuti ribuan atau jutaan banyak pengguna Youtube.

Isi dan tampilan video berkualitas

Bagaimanapun konten dalam video yang Anda buat merupakan faktor terpenting untuk menentukan jumlah view yang akan Anda dapatkan.

Konten yang baik akan mendapatkan respon positif dari audiens sehingga bukan tidak mungkin penonton akan menyebarkan video tersebut ke jejaring media sosial miliknya dan pada akhirnya video tersebut menjadi viral karena ditonton dan disebarkan oleh banyak orang.

Baca Juga: Bongkar Pendapatan dari YouTube dengan Belasan Juta Subscriber, Raffi Ahmad Pernah Kantongi Rp 5 Miliar dalam Satu Bulan!

Untuk mencapai hal tersebut, Anda harus bisa menyajikan konten yang memberikan nilai tersendiri kepada penonton. Konten tersebut bisa berupa video edukasi, tutorial, atau bisa juga video yang sifatnya menarik serta menghibur. 

Selain itu, kualitas video yang Anda sajikan juga sangat berpengaruh terhadap jumlah penonton yang menyaksikan video yang Anda buat, karena buruknya kualitas video bukan tidak mungkin membuat penonton menghentikan video tersebut dan menggantinya dengan tayangan lainnya.

Konsisten

Tantangan terberat bagi seorang konten kreator adalah bisa selalu konsisten untuk berkarya. Untuk menjaga konsistensi ini, mulailah untuk mengatur postingan dengan lebih teratur. Misalnya 1 video setiap minggu atau 4 kali posting foto di Instagram.

Buat timeline dan naskah dari setiap konten yang akan diciptakan, dengan begitu akan lebih terarah.

Maka dari itu, Anda membutuhkan device yang berkualitas untuk menunjang kebutuhan anda dalam mebuat konten baik itu foto maupun video, seperti ponsel Sharp Aquos Zero 2 atau Aquos R3.

Kedua ponsel tersebut dibekali dua kamera belakang beresolusi 12.2MP f/1.7 dan 20 MP yang dilengkapi LED Flash, sehingga mampu memenuhi kebuthan kamu dalam membuat konten, bahkan dengan kualitas video hingga 4K@30fps.

Selain itu adanya kedua ponsel tersebut memiliki layar lebar sehingga memudahkan kamu saat proses editing sebuah konten.

Sharp Aquos Zero 2 memiliki ukuran layar Oled 6,4 Inci dengan resolusi Full HD+ serta memiliki fitur refresh rate 240Hz sementara itu Aquos R3 berukuran 6,2 Inci dengan di bekali fitur Pro Igzo sehingga dibawah terik matahari layar akan terlihat tetap jernih.

Masuk ke dapur pacu baik Aquos Zero 2 ataupun Aquos R3 dibekali chipset Snapdragon 855, Namun dengan kapasita RAM berbeda.

Sharp Aquos Zero 2 ditopang RAM 8GB dan memori internal 256GB sementara Sharp Aquos R3 memiliki RAM 6GB serta memori internal 128GB.

Nah, urusan baterai keduanya tidak memiliki perbedaan signifikan Sharp Aquos Zero 2 memiliki baterai 3.130mAh dengan fast charging dan untuk Sharp Aquos R3 memiliki baterai 3.200mAh dengan dukungan Qi wireless charging 11W.

Khusus sampai dengan 8 Juli, sedang ada promo Pre Order di SHOPEE untuk pembelian AQUOS ZERO 2 berhadiah AQUOS ANDROID TV 32" dan untuk pembelian AQUOS R3 berhadiah AQUOS Sound Partner dan AQUOS LED TV 24". Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa klik di sini

Anda juga bisa klik di sini untuk mengetahui spesifikasi dan fitur yang terdapat pada Sharp Aquos Zero 2 dan klik di sini untuk mengtahui spesifikasi dan fitur yang terdapat pada Sharp Aquos R3.