Find Us On Social Media :

Jadi Kebanggaan Indonesia dan Harumkan Nama Bangsa hingga ke Seantero Dunia, Batik Mendadak Diklaim Media Tiongkok Sebagai Budaya Asli Negeri Tirai Bambu, Begini Fakta Sejarahnya!

By None, Rabu, 15 Juli 2020 | 06:46 WIB

Jadi kebanggaan Indonesia dan harumkan nama bangsa hingga ke seantero dunia, batik mendadak diklaim media Tiongkok sebagai budaya asli Negeri Tirai Bambu

Grid.IDBatik merupakan warisan budaya Indonesia yang telah lama diakui dunia.

Namun, baru-baru ini masyarakat Tanah Air diguncang kabar kurang menyenangkan soal budaya batik yang menyeret Negeri Tiongkok.

Usut punya usut, temuan yang menggegerkan jagat maya tersebut berasal dari video yang diunggah di akun Twitter milik Pemerintah Tiongkok, Xinhua.

Baca Juga: Pakai Gaun Batik Super Seksi hingga Pamerkan Lekuk Tubuhnya, Potret Marshanda di Pinggir Danau Jadi Sorotan!

Video berdurasi 49 detik itu menyebut batik adalah kerajinan tradisional Tiongkok.

Dalam video tersebut terlihat seorang pengrajin tengah menggambar motif batik pada selembar kain.

Beragam motif digambar seperti hewan dan tumbuh-tumbuhan, serta motif khas batik. Cara menggambar batiknya juga memakai canting, meski bentuk alatnya sedikit berbeda.

Baca Juga: Pesona Tampannya Sukses Membuat Ayu Dewi Klepek-klepek, Kini Istri Regi Datau Blak-Blakan Ungkap Perubahan Sang Suami yang Makin Gempal, Netizen Sampai Syok!  

"(Batik) ini biasanya dipakai kelompok etnis minoritas yang tinggal di Guizhou dan Yunan," demikian teks yang tertulis pada video Xinhua.

Lantas, dari mana batik berasal? Asal usul batik sempat menjadi pembahasan pada tahun 1985.