Grid.ID - Riset yang dilakukan Blackbox Research dan Toluna mengemukakan bahwa Grab menjadi merek paling diminati dengan kepuasan tertinggi di Indonesia sepanjang pandemi.
Riset yang berjudul ‘Into the Light: Understanding What has Changed for the ASEAN Consumer During COVID-19‘. Riset ini dilakukan pada Juni terhadap 4.780 pelanggan di Asia Tenggara. Sebanyak 799 pelanggan di antaranya berasal dari Indonesia.
Fokus riset tersebut adalah menganalisa pola konsumsi masyarakat di Asia Tenggara, serta memberikan gambaran pergeseran kebiasaan konsumen selama masa pandemi.
Selama rumah dijadikan pusat aktivitas demi menekan penyebaran virus corona, masyarakat lebih banyak menggunakan layanan digital untuk memenuhi kebutuhan harian. Grab menjadi salah satu layanan yang meraih tingkat kepuasan tertinggi.
Baca Juga: Telah Melayani 26 Juta Kilometer Perjalanan, GrabProtect Kini Hadir di Papua
Di Indonesia, Grab menempati posisi pertama dalam urusan kepuasan pelanggan di Indonesia. Sementara di Asia Tenggara Grab menempati urutan ketiga.
Mengutip dari keterangan tertulis Grab Indonesia yang diterima Grid.ID, Rabu (30/9/2020), hasil riset tersebut mengatakan bahwa layanan Grab dipilih masyarakat karena kenyamanannya.
Meningkatkan pelayanan selama pandemi
Selama pandemi Covid-19 Grab meluncurkan dua layanan baru, yakni GrabMart dan GrabAssistant. Tujuan dibukanya dua layanan tersebut tentunya untuk memudahkan masyarakat membeli kebutuhan harian dari ribuan mitra toko, supermarket, kedai, dan warung dengan aman, dari rumah.
Pada saat yang sama, mitra pengantaran dan UMKM yang tergabung dalam platform Grab juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan penghasilan karena dapat terhubung dengan lebih banyak pelanggan berbasis digital.
Baca Juga: Dorong Pemulihan Ekonomi, Grab Bantu Salurkan Kredit Usaha Secara Online untuk Mitra UMKM
Sementara itu, layanan telekonsultasi GrabHealth by Good Doctor yang telah menjadi mitra telekonsultasi resmi Kementerian Kesehatan, mengalami pertumbuhan pengguna hingga 500 persen sejak pandemi datang.