Grid.ID - Harian KOMPAS bersama AIA Insurance, Artha Graha Peduli PLN, dan Canon mengadakan kegiatan Photography Weeks dalam bentuk Webinar dengan Live via Zoom, Live Streaming YouTube Harian Kompas dan Live Instagram @kompasfoto yang diadakan pada hari Minggu, 11 Oktober 2020 pukul 19.00 di Jakarta.
Kompas Talks Photography Weeks, hadir dalam 6 Series yang berlangsung sebanyak 6 Series dengan topik yang berbeda-beda setiap seriesnya.
Dalam Kompas Talks Photography Weeks #1 “Membuat Foto Produk secara Sederhana” bersama Zainal Andi dan dipandu oleh editor foto Kompas, Iwan Setiyawan, saling berbagi pengalaman mengenai foto produk dan apa saja yang perlu dipersiapkan.
Foto produk sangat diperlukan dalam era 4.0 saat ini termasuk dalam dunia digital marketing, kolaborasi yang tepat antara foto dan copywriting yang menarik dapat meningkatkan nilai sebuah produk atau brand.
Lebih jauh lagi, foto produk yang bagus dapat mengkomunikasikan nilai sebuah merek dan produk, mempengaruhi persepsi harga, membangun kepercayaan dan loyalitas dan konsumen hingga dapat menarik konsumen baru.
Langkah pertama yang perlu dipersiapkan adalah konsep foto yang diinginkan dengan beberapa hal lain yang perlu diperhatikan dalam foto produk, antara lain pencahayaan, komposisi dan sudut pengambilan, property dan stylist.
Keahlian foto produk bisa dipelajari oleh siapa saja yang tertarik, terlebih di masa pandemi saat ini para UMKM yang paling banyak tertarik untuk belajar lebih lanjut.
Keterbatasan tidak berjualan secara langsung, membuat para UMKM harus beralih berjualan secara daring dan foto produk menjadi salah satu kebutuhan untuk mendukung promosi.
“Kami bersama para komunitas fotografi telah melakukan sesi sharing, pelatihan gratis kepada beberapa UMKM dan membantu memotret produk-produk UMKM ini agar terlihat lebih menarik,“ ujar Zainal Andi.