Laporan Wartawan Grid.ID, Silmi Nur A
Grid.ID - Para penggemar K-Pop yang marah atas perlakuan tak adil Mnet Asian Music Awards 2020 [MAMA] kembali mengungkit masalah-masalah di masa lalu penghargaan musik tersebut.
Beberapa netizen sebelumnya menyebut MAMA sebagai penghasil uang dari CJ ENM yang merupakan perusahaan induk Mnet.
Melansir Allkpop, selama acara MAMA 2019 lalu, penggemar harus merogoh kocek sebesar 238.670 KRW [sekitar Rp 3 juta] untuk mendapatkan kursi di Nagoya Dome Jepang.
Tak hanya itu, pemirsa juga harus menambah 54.630 KRW [sekitar Rp 709 ribu] untuk menyaksikan acara red carpet.
Sebanyak 30 ribu tiket MAMA terjual habis pada 2019.
Itu berarti, CJ ENM menghasilkan total 7,16 miliar KRW [sekitar Rp 93 triliun].
Namun, artis K-Pop yang tampil di upacara 'MAMA' tidak menerima pembayaran apa pun untuk penampilannya, di luar tiket penerbangan dan penginapan selama jadwal luar negeri mereka.
Beberapa orang dalam industri hiburan telah mengkritik fakta bahwa 'MAMA' mendapat untung dari penjualan tiket ketika tidak ada keuntungan yang didapat dari artis K-Pop, yang penggemarnya adalah pembeli tiket utama.
Baca Juga: Kalah di MAMA 2020 Meski Raih Vote Terbanyak, Secret Number Trending di Indonesia dan Korea Selatan
Selain itu, aktor dan aktris yang diundang ke MAMA (biasanya selalu di luar negeri) juga mendapat perlakuan khusus tambahan berupa undangan eksklusif ke private afterparty.