Find Us On Social Media :

2 Rahasia Meningkatkan Rasa Percaya Diri Saat Bekerja, Bisa Dilakukan Mulai Hari Ini!

By Devi Agustiana, Sabtu, 16 Januari 2021 | 07:22 WIB

2 Rahasia Meningkatkan Rasa Percaya Diri Saat Bekerja, Bisa Dilakukan Mulai Hari Ini!

Laporan Wartawan Grid.ID, Devi Agustiana

Grid.ID – Terkadang, ada satu hari kerja di mana tampaknya tidak berjalan dengan baik.

Itu merupakan hal biasa bagi banyak karyawan di semua sektor.

Merasa putus asa dan kehilangan motivasi hanyalah sebagian dari emosi yang dialami seseorang di tempat kerja.

Baca Juga: Pasca Kecelakaan Sriwijaya Air SJ-182, Dinar Candy: Jadi Deg-degan Naik Pesawat

Tetapi, ada hal-hal tertentu yang dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri dengan cara yang kreatif.

Dilansir Grid.ID dari laman Times of India, berikut cara meningkatkan kepercayaan diri di tempat kerja.

1. Membuat folder “afirmasi positif”

Kamu pasti pernah menerima komentar atau pujian yang baik tentang pekerjaan, misalnya dalam email, saat menelepon, bahkan selama pertemuan kelompok.

Baca Juga: SuperM Kampanyekan Pentingnya Hidup Sehat dengan Cara Positif

Meskipun mereka memberi kepuasan sementara, ada cara untuk membuatnya permanen, loh.

Buatlah folder di laptop dan beri nama, “pujian pekerjaan”, “Anda bisa melakukannya” atau apa pun yang kamu suka.

Tuliskan setiap pujian yang kamu dengar atau simpan tangkapan layar email dengan masukan positif.

Baca Juga: Balas Kesalahan Sempat Terperosok dalam Narkoba, Millen Cyrus Ungkap Impian Terbesarnya

Kamu mungkin tidak menyadarinya, tetapi ini adalah cara yang sangat bagus untuk mengangkat suasana hati pada saat-saat yang dirasa mengecewakan.

Folder ini dapat berisi semua penegasan positif dari rekan atau atasan.

Dengan hal ini, kamu memiliki kemampuan untuk berbuat lebih baik dan menerima umpan balik yang penuh harapan serta konstruktif.

Baca Juga: Bantah Tudingan Hidupnya Dinafkahi Gisella Anastasia, Wijaya Saputra Ungkap Kebiasaan saat Kencan

Otomatis itu juga akan mengusir pikiran negatif tentang kinerja yang buruk.

Ucapan seperti itu juga membawa rasa pencapaian dan mendorong untuk produktif di waktu yang tersisa.

Folder komentar berfungsi sebagai pengingat untuk percaya pada diri sendiri dan bangga melakukan pekerjaan.

Baca Juga: Jadi Wilayah Bebas Covid-19, Rumah-rumah di Italia ini Dijual dengan Harga Rp20 Ribu!

2. Pertahankan “pujian” yang positif

Ada banyak orang yang mencari kritik membangun dalam pekerjaannya.

Mereka percaya ini adalah cara yang bagus untuk memahami kesalahan dalam pekerjaan seseorang dan memperbaiki kesalahan yang sering mereka buat.

Meskipun ini adalah sikap yang sangat asertif dan positif, terkadang bisa berbahaya.

Baca Juga: Gak Perlu Laundry, Biar Bau Apek pada Pakaian Hilang, Manfaatkan Bahan Dapur Sederhana ini!

Sebaliknya, pujian kecil dapat menjadi pemacu energi.

Apa pun jenis pekerjaan yang dilakukan, umpan balik positif akan menguntungkan dalam jangka panjang.

Apakah kamu membuat folder di laptop atau menempelkan pujian meja kerja?

Baca Juga: Hanung Bramantyo Colek Arie Kriting dan Indah Permatasari soal Pernikahan Tanpa Restu: Orangtua Juga Bisa Durhaka Keles

Semua komentar positif itu akan membuatmu menghargai diri sendiri pada hari kerja yang dirasa bosan.

(*)