Laporan Wartawan Grid.ID, Rangga Gani Satrio
Grid.ID - Sukses mengadakan Gramedia Science Day di penghujung 2020, kini perusahaan retail dan distributor buku terbesar di Indonesia, Gramedia, kembali ajak publik mengembangkan kreativitas melalui Gramedia Online Competition.
Gramedia Online Competition ialah sebuah rangkaian kegiatan ke-51 tahun berdirinya Gramedia #TanpaBatas yang dirayakan setiap 2 Februari.
Kompetisi daring tersebut terdiri dari dua cabang yaitu Gramedia X Copic Online Drawing Competition (kompetisi menggambar daring) dan Gramedia Kids Online Fashion Show Competition (kompetisi peragaan busana).
Gramedia X Copic Online Drawing Competition mengambil tema “Indonesian Culture #KreasiTanpaBatas” dengan kategori partisipan yaitu umum, siapa pun bisa turut serta.
Periode kompetisi ini dimulai pada 10 Januari hingga 21 Februari 2021 khusus pendaftaran serta pengunggahan karya.
Peserta diberikan kesempatan membuat karya gambar sesuai dengan tema dan karya merupakan gambar atau sketsa tanpa sentuhan digital (free hand drawing) menggunakan produk Copic.
Syarat mengikutinya, calon peserta membeli produk Copic dengan minimal transaksi Rp100.000.
Calon peserta bisa mendapatkan produk Copic di Gramedia diseluruh Indonesia dan dilayanan Gramedia GO.
Peserta diwajibkan untuk tidak mem-privet akun Instagram.
Kemudian, peserta wajib menandai akun Instagram @gramediabooks dan @gramediapromo serta mencantumkan keterangan (caption) yang berisi: Nama, Judul Karya, Penjelasan Karya, serta tagar #TanpaBatas #KreasiTanpaBatas #GramediaxCopicOnlineDrawingCompetition.
Kompetisi ini berhadiah total jutaan rupiah, voucher Gramedia, dan produk eksklusif Copic set untuk 10 peserta paling kreatif.
Pemenang akan diumumkan pada 28 Februari 2021.
Untuk informasi lomba, peserta dapat mengunjungi https://bit.ly/Info_GramediaOnlineCompetition. Untuk pendaftaran, kunjungi http://bit.ly/Pendaftaran_GramediaOnlineDrawingCompetition.
Kompetisi kreatif kedua bertajuk Gramedia Kids Online Fashion Show Competition yang ditujukan untuk anak usia 5-13 tahun.
Temanya ialah “Casual Trendy #KreasiTanpaBatas” dan dimulai pada 10 Januari – 16 Februari untuk pendaftaran serta pengunggahan karya.
Untuk mengikuti kompetisi ini, calon peserta melakukan pembelanjaan produk Sparkle Girlz, X-Shot, atau Hot Shot senilai Rp100.000 di Gramedia Store atau CS Gramedia terdekat yang dapat diakses melalui https://linktr.ee/gramedia.
Kemudian calon peserta mengisi data diri di laman https://bit.ly/PendaftaranOnlineFS.Setelah mendaftar, peserta dapat membuat video catwalk sesuai dengan tema “Casual Trendy #KreasiTanpaBatas” dengan format video landscape (1920x1080p) dengan durasi maksimal 1 menit.
Peserta pun dapat menggunakan kamera HP untuk berpartisipasi.
Karya video yang sudah jadi kemudian diunggah ke akun Instagram peserta.
Tandai (tag) akun @gramediakids dan sertakan tagar #GramediaKidsOnlineFashionShow #TanpaBatas #KreasiTanpa Batas.
Bagi 15 peserta paling kreatif, Gramedia akan memberikan apresiasi berupa total jutaan rupiah, voucher Gramedia, dan produk Sparkle Girlz, X-Shot, dan Hot Shot, dengan nilai hadiah yang lebih besar untuk peserta terbaik.
Pemenang bakal diumumkan pada 28 Februari 2021.
Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi laman https://bit.ly/Info_GramediaOnlineCompetition.