Find Us On Social Media :

Kanker Lambung Bisa Disebabkan oleh 4 Kebiasaan Ini, Termasuk Makan Nasi Pakai Kuah

By Devi Agustiana, Kamis, 11 Februari 2021 | 12:45 WIB

Dikenal lezat dan bergizi tinggi, siapa sangka kalau makan nasi dengan kuah sup berlebihan justru membahayakan kesehatan.

Laporan Wartawan Grid.ID, Devi Agustiana

Grid.ID – Kanker merupakan satu penyakit yang ditakuti banyak orang.

Pasalnya, kondisi ini tak jarang berakhir dengan kematian.

Kanker bisa muncul banyak bagian atau organ tubuh, satu di antaranya lambung.

Mengutip laman Kompas.com, berdasarkan data dari Globocan 2020, angka kasus kanker lambung di dunia pada tahun 2020 mencapai lebih dari satu juta kasus.

Baca Juga: Awas, 4 Kebiasaan Saat Makan Ini Bisa Menyebabkan Kanker Lambung yang Mematikan! Salah Satunya Makan Nasi Dicampur Kuah Sup, Kok Bisa?

Menurut Ketua Yayasan Kanker Indonesia, Prof Dr dr Aru Sudoyo, SpPD, KHOM, FINASIM, FACP, awalnya, kanker lambung kerap dianggap sakit maag biasa.

"Pada awalnya, kanker lambung sering disangka sakit maag biasa sehingga sebagian besar pasien datang terlambat,” katanya (10/2/2021).

Kanker lambung disebabkan oleh sel-sel kanker di dalam lambung yang menjadi tumor, biasanya tumbuh perlahan bertahun-tahun.

Rata-rata penderita kanker lambung adalah pasien yang berusia antara 60-80 tahun.

Baca Juga: Waspadai Perut Kembung yang Bisa Jadi Salah Satu Tanda Kanker Perut, Penyakit yang Sebabkan Meninggalnya Aktor Korea Park Ji Hoon!

Beberapa hal bisa memicu peningkatan risiko kanker lambung, seperti bakteri Helicobactor pylori dan metaplasia usus (kondisi di mana sel-sel di jaringan saluran pencernaan bagian atas berubah menyerupai sel-sel di dalam usus).