Find Us On Social Media :

Tips Jitu Atur Keuangan Bagi Freelencer dengan Pendapatan Tidak Tetap, Nomor 3 Paling Peting!

By Devi Agustiana, Selasa, 30 Maret 2021 | 20:31 WIB

Ada 4 tips dalam mengelola keuangan bagi pekerja lepas, hal ini berkaitan dengan pemasukan pekerja lepas yang tidak tetap.

Laporan Wartawan Grid.ID, Devi Agustiana

Grid.ID – Memiliki pekerjaan di tengah pandemi seperti ini memang susah-susah gampang.

Tak sedikit yang terpaksa harus kehilangan pekerjaan saat situasi ini.

Menjadi freelancer bisa jadi solusi untuk tetap memeroleh pemasukan.

Baca Juga: Ingin Berbisnis Kuliner saat Ramadhan 2021 tapi Masih Pandemi Covid-19? Perhatikan 5 Tips Ini Agar Dagangan Tetap Laku

Akan tetapi, karena pendapatan yang tidak tetap, seorang freelancer harus pintar dalam mengelola keuangan.

Grid.ID telah merangkum dari laman Today.com, bagaimana mengatur keuangan bagi freelancer atau pekerja lepas.

1. Cari tahu sumber pendapatan

Setiap kali mengambil pekerjaan baru, bahkan jika itu adalah pekerjaan sekali, catatlah di spreadsheet Excel.

Pastikan untuk mencatat pekerjaan apa pun itu, untuk siapa, dan berapa banyak mereka membayar.

Baca Juga: 7 Cara Menghemat Biaya Pernikahan, Salah Satunya Kirim Undangan Pakai E-Card

Ini akan membantu jika harus membuat faktur atau dokumen, karena sebagian besar perusahaan (bergantung pada kontraktor) membuat faktur untuk pembayaran dan ada yang tidak membayar secara proaktif.