Find Us On Social Media :

Tips Jitu Atur Keuangan Bagi Freelencer dengan Pendapatan Tidak Tetap, Nomor 3 Paling Peting!

By Devi Agustiana, Selasa, 30 Maret 2021 | 20:31 WIB

Ada 4 tips dalam mengelola keuangan bagi pekerja lepas, hal ini berkaitan dengan pemasukan pekerja lepas yang tidak tetap.

Laporan Wartawan Grid.ID, Devi Agustiana

Grid.ID – Memiliki pekerjaan di tengah pandemi seperti ini memang susah-susah gampang.

Tak sedikit yang terpaksa harus kehilangan pekerjaan saat situasi ini.

Menjadi freelancer bisa jadi solusi untuk tetap memeroleh pemasukan.

Baca Juga: Ingin Berbisnis Kuliner saat Ramadhan 2021 tapi Masih Pandemi Covid-19? Perhatikan 5 Tips Ini Agar Dagangan Tetap Laku

Akan tetapi, karena pendapatan yang tidak tetap, seorang freelancer harus pintar dalam mengelola keuangan.

Grid.ID telah merangkum dari laman Today.com, bagaimana mengatur keuangan bagi freelancer atau pekerja lepas.

1. Cari tahu sumber pendapatan

Setiap kali mengambil pekerjaan baru, bahkan jika itu adalah pekerjaan sekali, catatlah di spreadsheet Excel.

Pastikan untuk mencatat pekerjaan apa pun itu, untuk siapa, dan berapa banyak mereka membayar.

Baca Juga: 7 Cara Menghemat Biaya Pernikahan, Salah Satunya Kirim Undangan Pakai E-Card

Ini akan membantu jika harus membuat faktur atau dokumen, karena sebagian besar perusahaan (bergantung pada kontraktor) membuat faktur untuk pembayaran dan ada yang tidak membayar secara proaktif.

2. Jangan abaikan formulir

Jika kamu seorang pekerja lepas, perusahaan yang membayar untuk pembukuan akan mulai mengirimkan formulir pada awal tahun.

Jangan salah taruh formulir ini, terutama jika mendapatkannya dalam jumlah banyak.

Baca Juga: 7 Cara Mengelola Keuangan dengan Baik dan Bijaksana! Bisa Ditiru Nih

Sebaiknya, beli tempat pensil plastik kecil atau map, lalu simpan di tempat yang sama (jangan pernah memindahkannya).

3. Cetak laporan kartu kredit

Ketika menghitung pajak, kamu harus menyusun daftar pengeluaran terkait bisnis yang dapat dihapus saat mengklaim penghasilan.

Oleh karena itu, penting mencetak laporan kartu kredit 12 bulan dari akun kartu kredit khusus pengeluaran bisnis.

Baca Juga: Mau Menambah Penghasilan? Ini Dia Ide Bisnis Online Dengan Modal Minim, Fresh Graduate Bisa Mencobanya!

Dengan begitu, kamu akan memaksimalkan penghapusan dan tidak akan kehilangan waktu untuk sekadar mencarinya nanti.

4. Pakai jasa akuntan

Jika masih meragukan diri sendiri atas kompetensi finansial, bantuan orang lain bisa jadi solusi.

Ini bisa datang dalam bentuk akuntan atau penasihat keuangan atau perencana, dengan catatan jika kamu merasa punya cukup dana.

Seorang akuntan pada dasarnya dapat melakukan pajak, asalkan kamu menyerahkan semua dokumen yang dimiliki.

(*)