Find Us On Social Media :

Secuplik Kisah Inspiratif dari Program Ramadan Shopee, Kemudahan Vaksinasi hingga UMKM Naik Kelas

By Yussy Maulia, Senin, 3 Mei 2021 | 13:41 WIB

Keseruan Shopee Big Ramadan Sale TV Show yang digelar Jumat (30/4/2021).

Grid.id – Shopee Indonesia memeriahkan momen Ramadhan tahun ini dengan menghadirkan Shopee Big Ramadan Sale TV Show. Acara yang digelar Jumat (30/4/2021) ini pun menjadi puncak kampanye belanja Shopee Big Ramadan Sale.

Namun, TV Show tahun ini hadir lebih spesial. Tak hanya menampilkan hiburan dari artis dan musisi kebanggaan Indonesia, Shopee juga membagikan kisah inspiratif dari program yang digagas oleh Shopee sejak awal tahun hingga Ramadhan. 

Program pertama adalah program #ShopeePilihLokal. Melalui program tersebut, Shopee memberi dukungan kepada para penjual di Shopee dengan memberikan edukasi dan pelatihan, donasi, hingga program Ekspor Shopee bertajuk “Dari Lokal untuk Global”.

Pada acara Shopee Big Ramadan Sale TV Show, kisah sukses penjual lokal dalam memasarkan produknya melalui platform Shopee dipaparkan. Kisah tersebut datang dari Eka Wahyu Ningsih, pemilik toko busana muslim JILBABKHU.

Baca Juga: Gabung E-Commerce, Keuntungan Bittersweet by Najla Semakin Manis

Eka mengatakan, ia pertama kali merintis bisnis fashion muslim secara offline di Jawa Barat. Kemudian, pada 2018 ia memutuskan untuk menjual produknya secara online di Shopee.

“Dengan binaan yang diberikan Shopee untuk para seller dan juga pemberian platform yang mudah menjangkau calon-calon konsumen baru, JILBABKHU mengalami peningkatan penjualan yang amat drastis,” ungkap Eka.

Untuk menjangkau pasar yang lebih luas, Eka pun turut mendaftarkan tokonya ke dalam program Ekspor Shopee. Hingga kini, produk-produk JILBABKHU berhasil merambah negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Kesuksesan JILBABKHU tidak hanya berhasil meraup banyak keuntungan bagi Eka selaku pemilik, tetapi juga menjadi berkah bagi masyarakat di sekitar tempat tinggal Eka karena telah menciptakan lapangan kerja baru.

Baca Juga: Ini Program yang Bakal Bikin 10.000 UMKM Solo Bisa Ekspor

Selain Eka, Shopee juga berhasil mengajak para pelaku UMKM lokal lainnya untuk merambah dunia digital dan menghasilkan produk berkualitas, seperti nanoTECH PROTECTION, Cargloss, dan Pie Susu Dhian.

Sementara itu, untuk program Ekspor Shopee tercatat telah membantu 1,5 juta produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk mengekspor produk mereka ke negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, dan Filipina.

Pusat vaksinasi dari Shopee

Tidak hanya membagikan kisah sukses pelaku UMKM, Shopee Big Ramadan Sale TV Show juga menampilkan upaya Shopee untuk mendukung pemerintah dalam upaya penanggulangan Covid-19.

Sebagai informasi, pada 5-10 April 2021, Shopee Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dan Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Kesehatan setempat untuk menghadirkan Pusat Vaksinasi Shopee.

Baca Juga: Gibran Rakabuming Dukung Penuh Pelaku UMKM Solo untuk Memanfaatkan Aplikasi Shopee: Mau Tidak Mau, Go Digital!

Pusat vaksinasi yang berlokasi di Kiara Artha Park, Bandung tersebut menggelar gelombang pertamanya yang berlangsung selama 12 hari. Sebanyak 20.000 vaksin diberikan dengan selama periode tersebut dengan dosis 1.700 vaksin per hari.

Adapun pemberian vaksin gelombang pertama tersebut ditunjukkan untuk aparatur sipil negara (ASN) dan staf pelayanan publik Jawa Barat.

Pengadaan Pusat Vaksinasi Shopee ini mendapat apresiasi dari Menkes Indonesia Budi Gunadi Sadikin. Menurut Budi, inisiatif ini merupakan dukungan yang baik untuk pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, berkat kerja sama pemerintah dan Shopee, target vaksinasi 2 dosis untuk 36 juta orang di Jawa Barat dapat tercapai.

Baca Juga: Sukseskan Distribusi Vaksin Covid-19, Shopee Hadirkan Pusat Vaksinasi Shopee di Bandung

Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Handhika Jahja menyebut, Pusat Vaksinasi Shopee menjadi komitmen Shopee dalam membantu pemerintah memerangi pandemi Covid-19 dan memulihkan perekonomian Indonesia.

“Tak berhenti hingga di situ saja, Pusat Vaksinasi Shopee juga akan mengadakan vaksinasi gelombang kedua di tanggal 3-8 Mei 2021 mendatang,” ungkap Handhika dalam keterangan tertulis, Sabtu (1/5/2021).

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Shopee Big Ramadan Sale TV Show merupakan acara puncak dari kampanye belanja Shopee Big Ramadan Sale.

Acara tersebut dimeriahkan oleh penampilan musisi legendaris Indonesia, seperti Rhoma Irama, band Wali, Ayu Ting Ting, Nella Kharisma, hingga Dory Harsa.

Baca Juga: Lewat Program UMKM Solo Go Ekspor, 10.000 UMKM Bisa Berjualan ke Luar Negeri

Selain itu, Shopee Big Ramadan Sale TV Show juga dimeriahkan oleh sesi games seru yang menghadirkan permainan khas Shopee seperti Goyang Shopee dan Shopee Tangkap. Melalui sesi ini, Shopee membagikan hadiah menarik seperti Mitsubishi Xpander Cross, Honda Brio RS CVT, Honda ADV tipe ABS, iPhone 12 Pro Max 512 GB, dan logam mulia 10 gram.

Shopee juga memberikan segudang promo melalui flash sale, brand mega offer, hingga segmen cash on delivery (COD) bagi pengguna setia Shopee yang ingin membeli kebutuhan Ramadhan dan Hari Raya.

Sebagai puncak dari kampanye belanja Shopee Big Ramadan Sale, acara pun ditutup dengan countdown atau hitung mundur menuju sesi promo spesial Late Night Sale yang dimulai dari pukul 21.00 WIB.