Find Us On Social Media :

Hasil Survei: Shopee Jadi Penyumbang Omzet Terbesar UMKM Selama Pandemi

By Yussy Maulia, Selasa, 4 Mei 2021 | 15:07 WIB

Ilustrasi belanja online yang sudah menjadi kebiasaan masyarakat di tengah pandemi.

Grid.id - Pandemi telah mengubah pola belanja masyarakat dari offline ke online. Hal ini turut mendorong para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk mengalihkan bisnis konvensional mereka ke ranah digital dengan memanfaatkan platform marketplace.

Untuk mengukur manfaat yang diterima UMKM dari penggunaan marketplace, Katadata Insight Center (KIC) melakukan survei bertajuk "MSME Study Report 2021: Peran Marketplace bagi UMKM". 

Survei tersebut dilangsungkan pada 24 Maret-9 April 2021 serta melibatkan 392 responden pelaku UMKM di sejumlah wilayah di Indonesia, yakni Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, dan Medan.

Hasil survei tersebut  menunjukkan bahwa mayoritas responden UMKM setuju bahwa marketplace membantu mereka mempertahankan dan memperluas jaringan bisnis di tengah pandemi.  

Manajer Survei KIC Vivi Zabkie menyebut, platform digital menjawab tuntutan konsumen di masa pandemi yang mewajibkan mereka tetap berada di rumah dan menjaga jarak.

Baca Juga: Ikut Program Ekspor dari E-Commerece, Roughneck 1991 Melesat Hingga ke Brasil

"UMKM menyadari adanya tren peralihan konsumen ke belanja digital. Maka marketplace akhirnya menjadi tempat yang diandalkan untuk mempertemukan UMKM dengan konsumen,“ kata Vivi dalam keterangan tertulis, Selasa (4/5/2021). 

Dalam hasil survei, Shopee menjadi marketplace yang paling banyak mendatangkan omzet penjualan bagi pelaku UMKM. Sebanyak 57 persen responden mengaku, penjualan terbanyak diraih melalui platform marketplace tersebut. 

Sementara itu, 28 persen UMKM responden mengatakan omzet terbesar datang dari Tokopedia, 6 persen Lazada, 3 persen Bukalapak, 2 persen Blibli.com, dan 3 persen sisanya marketplace lain. 

Baca Juga: Secuplik Kisah Inspiratif dari Program Ramadan Shopee, Kemudahan Vaksinasi hingga UMKM Naik Kelas

Tak hanya itu, pelaku UMKM yang menjadi responden pun mengatakan bahwa program bagi pengguna yang diselenggarakan marketplace juga membantu mendongkrak penjualan. Misalnya saja, gratis ongkos kirim (ongkir), cashback, dan diskon.