Grid.ID – Semenjak pandemi Covid-19, aktivitas berbelanja online menjadi pilihan banyak konsumen. Hal ini karena aktivitas yang melibatkan pertemuan fisik dibatasi demi mencegah penyebaran virus corona.
Pengusaha tidak tinggal diam. Membaca tren bahwa konsumen berbondong-bondong pindah ke ranah online, mereka pun memodifikasi bisnisnya untuk menjadi lebih digital.
Marketplace menjadi platform yang banyak dipilih oleh penjual karena dinilai praktis dan dapat menjangkau banyak konsumen tanpa batasan lokasi dan waktu.
Banyak pelaku usaha merasa marketplace pun cukup efisien. Dengan memiliki toko online, penjual tidak perlu repot membuka toko fisik. Momen Lebaran menjadi saat yang ditunggu-tunggu seller untuk meraup kesempatan.
Perusahaan yang bergerak di bidang riset neurosains dan kecerdasan artifisial, NeuroSensum melakukan studi kualitatif mengenai kecenderungan konsumen untuk menggunakan marketplace sebagai tempat belanja Lebaran.
Baca Juga: Hasil Survei: Shopee Jadi Penyumbang Omzet Terbesar UMKM Selama Pandemi
Berdasarkan studi tersebut, 80 persen masyarakat menggunakan marketplace dan e-commerce untuk meriset barang-barang yang akan dibeli. Sebanyak 69 persen memilih marketplace untuk berbelanja usai menerima Tunjangan Hari Raya (THR).
Meski begitu, usai Lebaran menjadi masa yang krusial bagi seller. Banyak kali, animo konsumen untuk berbelanja mulai melandai usai Hari Raya.
Oleh sebab itu, sebuah toko online harus dapat mempertahankan laju penjualan secara konstan.
Berdasarkan riset tersebut, Associate Director NeuroSensum Grace Oktaviana mengungkapkan, setidaknya ada empat hal yang diidamkan penjual ketika berjualan di marketplace dan e-commerce untuk mendukung penjualannya tetap prima. Hal pertama yaitu fitur gratis ongkos kirim (ongkir).
“Dengan adanya fitur tersebut, pembeli tidak lagi khawatir akan tingginya biaya pengiriman meski sang penjual berada di lokasi yang cukup jauh,” kata Grace melalui rilis resmi, Selasa (11/5/2021).
Senada, salah satu penjual aksesori online bernama Nanda mengungkapkan, program gratis ongkir sangat berpengaruh terhadap jumlah pesanan. Sejak ia mengaktifkan fitur tersebut, jumlah pesanan bisa meningkat 100 persen atau dua kali lipat dibanding biasanya.