Find Us On Social Media :

Fresh Graduate Baru Mulai Kerja, Hindari 7 Kesalahan dalam Mengatur Keuangan Berikut, Salah Satunya Ialah Tidak Punya Dana Darurat!

By Ragillita Desyaningrum, Rabu, 26 Mei 2021 | 09:46 WIB

Atur keuangan saat baru lulus kuliah memang susah-susah gampang, kamu harus cerdas ketika menerima gaji pertama.

Laporan Wartawan Grid.ID, Ragillita Desyaningrum

Grid.ID – Setelah lulus kuliah dan bekerja, momen terima gaji pertama adalah salah satu yang sangat dinantikan fresh graduate.

Namun, karena baru pertama kali kerja dan menerima gaji, biasanya fresh graduate tidak memiliki perencanaan keuangan yang baik.

Akibatnya, gaji yang telah ditunggu-tunggu selama satu bulan bekerja bisa habis dalam sekejab.

Nah, supaya terhindar dari krisis ekonomi, mari hindari kesalahan dalam mengatur keuangan seperti yang dikutip dari Kompas.com dan Parapuan.

1. Tidak menyiapkan anggaran keuangan

Alokasi dana adalah hal yang penting untuk dilakukan supaya pengeluaran tidak lebih banyak dari pemasukan.

Gunakanlah skema 50-20-30 yaitu mengalokasikan 50 persen untuk pengeluaran primer, 20 persen untuk tabungan, dan 30 persen untuk kebutuhan lain.

 Baca Juga: Berkaca dari Kondisi Keuangan Ustaz Solmed yang Sempat Terpuruk Saat Pandemi, Yuk Ingat Lagi Cara Mengatur Keuangan Selama Pandemi

 

2. Tidak memahami gaji utuh yang diterima

Ketika bernegosiasi mengenai kontrak kerja, perhatikan besaran gaji bersih yang kamu terima setiap bulannya.

Tak jarang, HRD tidak memberikan detail mengenai potongan gaji supaya gaji yang ditawarkan terkesan besar.