Grid.id - Memulai bisnis penjualan memang bukan sesuatu yang mudah. Dengan perkembangan zaman yang begitu pesat, orang-orang selalu ingin menjual produk yang superunik.
Namun, lain halnya dengan Wilson Gunawan, founder dari sebuah brand handuk ternama, Howel and Co. Ia justru menemukan peluang dari handuk, barang kebutuhan yang sangat umum.
Awalnya, pada 2015, Wilson menjual handuk standar untuk kebutuhan mandi dengan nama Towel Boss. Menurut Wilson, meski jarang dianggap istimewa, handuk adalah barang yang sangat dibutuhkan. Setiap rumah tangga pasti butuh handuk.
Wilson terbilang sukses dengan brand Towel Boss. Namun, ia tidak berpuas diri. Supaya bisnisnya terus berkembang, Wilson terus berinovasi.
Ia kemudian melihat peluang untuk menjadikan handuk sebagai suvenir atau bingkisan (gift set) yang bisa dikreasikan sedemikian rupa agar lebih menarik.
Baca Juga: Lewat Program Ekspor Shopee, “Wooden Projects” asal Malang Berhasil MendunIa
Terlebih, budaya memberikan souvenir merupakan hal yang biasa dilakukan di Indonesia, terutama pada acara-acara besar atau pada hari raya. Selain bentuknya manis, hadiah atau suvenir set handuk pasti terpakai oleh penerimanya.
Tidak mau sekadar menjual handuk standar, Wilson juga mengembangkan produk menjadi beberapa tipe, seperti handuk pasangan, handuk anak, bathrobe, slippers, hingga sajadah dan piyama berbahan handuk.
Pada 2019, Wilson resmi mengubah nama brand-nya menjadi Howel and Co. Bisnis Howel and Co pun terus mengalami perkembangan. Kemajuan tersebut juga telah membuka banyak lapangan kerja bagi masyarakat umum.
Baca Juga: Gabung E-Commerce, Keuntungan Bittersweet by Najla Semakin Manis
Hingga saat ini, Howel and Co telah memiliki 130 karyawan yang terdiri dari penjahit,tukang bordir, desainer, customer service, tim sosial media, dan berbagai fungsi lainnya.
Bahkan pada awal 2020, Howel and Co juga berhasil mendirikan kantor, pusat operasional, dan gudang di lahan seluas 1.000 meter persegi.
Menurut Wilson, perjuangannya dalam mengembangkan bisnis Howel and Co dari nol hingga menjadi sebuah brand yang cukup ternama merupakan salah satu momen yang patut ia banggakan.
"Cita-cita kami adalah Howel and Co bisa menjadi top of mind bagi seluruh masyarakat Indonesia apabila mencari hadiah untuk perlengkapan rumah," ungkap Wilson melalui keterangan tertulis yang diterima Grid.id, Senin (14/6/2021).
Baca Juga: Dari Depok ke New York, Kisah Sukses Brand Lokal Erigo Rambah Negeri Paman Sam
Melesat setelah go online
Saat beralih dari brand Towel Boss ke Howel and Co, Wilson mulai memfokuskan penjualannya ke ranah online. Selain memanfaatkan website, ia juga bergabung dengan platform e-commerce Shopee.
Oleh sebab itu, menurut Wilson, pada masa pandemi, bisnisnya tdak banyak memerlukan adaptasi.
Hingga saat ini, Howel and Co sudah bergabung dengan Shopee selama tiga tahun.
Menurut Wilson, e-commerce berhasil membuat bisnisnya berkembang. Ia sangat merasakan peningkatan penjualan produknya.
Baca Juga: Dulang Manfaat dari E-Commerce, Pelaku UMKM Asal Solo Bisa Jual Batik dan Kebaya ke Luar Negeri
Wilson mengatakan, program subsidi ongkir yang diberikan Shopee kepada pelanggan membuat bisnisnya mengalami peningkatan penjualan.
"Hal lainnya adalah, pengambilan keputusan yang lebih baik karena dashboard dan insight yang tersedia di Seller Center Shopee sehingga bisa kami analisa," ungkap Wilson.
Asistensi yang diberikan oleh pihak Shopee secara berkala menjadi evaluasi bagi Howel and Co untuk terus meningkatkan kualitas produksi serta menghadirkan pilihan produk-produk yang banyak dicari oleh konsumen.
Dengan demikian, Wilson dapat menerapkan inovasi dari sisi pelayanan, produk, operasional, dan strategi pemasaran yang tepat dengan mudah.
Baca Juga: Dorong Revolusi Digital UMKM, Pemprov Jawa Barat Gandeng Shopee sebagai Mitra
Masuk Shopee Mall
Sebagai informasi, bisnis Howel and Co telah berjalan di Shopee selama tiga tahun. Tahun ini, brand handuk tersebut memutuskan untuk merubah status tokonya menjadi Shopee Mall.
Merubah status menjadi Shopee Mall tentu membawa impresi yang cukup baik bagi konsumen. Sebab, Howel and Co dapat tampil secara resmi dan bersanding dengan banyak brand ternama lainnya.
Saat ini, Howel and Co di Shopee sudah memiliki lebih dari 165.000 pengikut setia yang selalu mendapat update produk-produk Howel and Co secara berkala.
Bahkan, sejak bergabung dengan Shopee, Howel and Co sudah mencapai peningkatan transaksi hampir 14 kali lipat dibandingkan dari transaksi di tahun 2018.