Laporan Wartawan Grid.ID, Silmi Nur Aziza
Grid.ID - Julukan pemecah rekor tampaknya tak disematkan secara cuma-cuma untuk BTS!
Ya, sebagai musisi, superstar BTS tak hanya unjuk gigi dengan musik yang mereka sajikan.
Jauh melampaui itu, BTS telah membuat dunia mengenal berbagai sisi sang musisi melalui tindakan nyata mereka.
Dan baru-baru ini, BTS telah mengklaim gelar lain saat memecahkan satu lagi rekor dunia!
Melansir Variety, kali ini BTS menyabet gelar sebagai artis nomor 1 di peringkat iklan YouTube.
Ya, Penampilan BTS daam iklan Hari Bumi Hyundai Motor Co. tahun lalu berhasil meraih gelar tersebut.
Well, iklan tersebut dirilis untuk merayakan Hari Bumi 2020.
Dalam iklan tersebut anggota BTS tampil dalam suasana alami, sebagai bagian dari kampanye hidrogen global pembuat mobil Korea.
Meski mereka tidak bernyanyi dalam iklan tersebut, fanbase BTS yang rajin — alias ARMY—telah membantu mendorong klip 60 detik di YouTube menjadi lebih dari 105 juta tampilan hingga saat ini.
YouTube merilis Papan Peringkat Iklan Cannes-to-Cannes, peringkat 10 iklan video terpopuler secara global, yang dihitung dari 1 Juni 2020 sampai 30 Mei 2021.
Well, penghargaan tersebut dijadwalkan untuk festival pemasaran Cannes Lions minggu ini.
Sebelumnya, Cannes Lions dibatalkan pada tahun 2020 karena pandemi.
Dan kini, acara itu akan kembali hadir tahun ini dalam format virtual dan akan berjalan pada Senin-Jumat (21-25/6/2021).
Secara keseluruhan, 10 iklan di papan peringkat iklan global YouTube untuk 2020-21 telah menghasilkan lebih dari 635 juta tampilan global hingga saat ini.
YouTube menentukan peringkat iklan menggunakan beberapa variabel—selain total penayangan, platform video juga memperhitungkan metrik seperti waktu tonton dan campuran penayangan berbayar vs. organik.
Daftar ini membatasi merek untuk masing-masing hanya satu entri, untuk "mengaktifkan keragaman merek," menurut YouTube.
Inilah 10 iklan global teratas di Papan Peringkat Iklan Cannes-to-Cannes YouTube untuk 2020-21:
1. Hyundai Motor Co. – “Hyundai x BTS – For the Earth” (South Korea)
2. Orange Egypt – “Orange Ramadan 2020, ‘The Year of Life'” (Egypt)
3. Amazon – “Alexa’s Body” featuring Michael B. Jordan (U.S.)
4. Oppo – “Oppo F17 Pro – Diwali Edition” (India)
5. Nike – “You Can’t Stop Us” (U.S.)
6. Supercell – “Lost and Crowned” (U.S.)
7. My Switzerland – “No Drama” featuring Robert De Niro and Roger Federer (Switzerland)
8. Imagine Your Korea – “Feel the Rhythm of Korea: Joenju” (South Korea)
9. Apple – “Introducing Apple Watch Series 6 — It Already Does That” (India)
10. Vodafone Idea – “#ViIsHere” (India)
(*)